Sandiaga Uno Temui Menkes Singapura Yakinkan Covid-19 Indonesia Tertangani Baik

Kamis, 02 Juni 2022 - 18:34 WIB
loading...
Sandiaga Uno Temui Menkes Singapura Yakinkan Covid-19 Indonesia Tertangani Baik
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berbincang dengan Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung tentang kondisi penanganan pandemi COVID-19 di Singapura, Rabu (1/6/2022). FOTO/MNC MEDIA
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menemui Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung untuk meyakinkan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia semakin tertangani dengan baik. Kondisi keamanan juga stabil, sehingga sektor parekraf semakin siap untuk menerima kembali wisatawan.

Sandiaga Uno dalam kunjungan kerjanya ke Singapura mengagendakan pertemuan khusus dengan Ong Ye Kung dalam suasana yang berbeda yakni sarapan pagi bersama di Tanamera Coffee Indonesia di Singapura, Rabu (1/6/2022). Keduanya menyantap bubur ayam sekaligus menikmati kopi asli Indonesia yang dipasarkan di coffee shop yang berada di tepi Singapore River tersebut.

"Kami berbicara tentang kebijakan Covid-19 di dua negara, pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 yang semakin membaik dan kita sudah membuka border, untuk memulihkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Kamis (2/6/2022).



Pada kesempatan itu, Sandiaga bersama Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, kebijakan terkait Covid-19 di Indonesia sudah semakin adaptif bagi pelaku perjalanan dari luar negeri, termasuk wisatawan. Sejumlah kebijakan pengetatan termasuk PCR atau tes antigen untuk wisman ke Indonesia juga sudah tidak diberlakukan bagi wisatawan yang sudah menerima vaksinasi penuh.

Sandiaga dan Ong Ye Kung juga membahas soal kemungkinan kerja sama dalam even wisata olahraga yakni marathon serta rencana Menkes Singapura Ong Ye Kung ke Indonesia menghadiri acara G20 di Bali lalu ke Papua. "Kami punya janji untuk diving bersama di Raja Ampat," kata Sandiaga Uno.

Menkes Singapura Ong Ye Kung mengatakan selama dua tahun terakhir ada berbagai pengetatan kebijakan, termasuk pembatasan perjalanan yang berdampak pada sektor pariwisata. Ia senang saat ini kondisi pandemi stabil membaik.

"Kami sangat berharap pemerintah Indonesia melanjutkan upayanya untuk menangani situasi pandemi Covid-19 dan menjaga semuanya tetap stabil. Bersama Singapura dan negara-negara ASEAN yang lain membuat Asia Tenggara sebagai destinasi yang atraktif sebagai region destination," kata Ong Ye Kung.

Baca juga: PPKM Masih Diterapkan, Satgas: Bentuk Pengendalian Covid-19 yang Dianjurkan WHO

Ia melihat Indonesia sebagai negara yang sangat menarik dengan 17.000 pulau, sehingga ada begitu banyak tempat bisa dikunjungi. Kuliner Indonesia, termasuk kopi, juga semakin populer di Singapura. "Saya pikir kopi di sini adalah blend atau campuran dari banyak jenis kopi Indonesia," kata Ong Ye Kung.

Sandiaga didampingi sejumlah pejabat di antaranya Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani; Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya; Direktur Hubungan Antarlembaga Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa; Kepala Biro Komunikasi, Kemenparekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; dan Kepala Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Singapura, Ratna Lestari.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)