Perbedaan Formula E dan Formula 1 yang Wajib Diketahui Fans

Sabtu, 04 Juni 2022 - 16:30 WIB
loading...
Perbedaan Formula E dan Formula 1 yang Wajib Diketahui Fans
Sedikitnya ada lima perbedaan Formula E dan Formula 1. Sebagian orang mungkin menganggapnya mirip, namun pandangan tersebut salah. Karena dua kejuaraan ini sangat berbeda / Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima perbedaan Formula E dan Formula 1. Sebagian orang mungkin menganggapnya mirip, namun pandangan tersebut salah. Karena dua kejuaraan ini sangat berbeda.

Formula E merupakan seri balap mobil single-seater yang menggunakan tenaga listrik. Jika dibandingkan dengan F1, Formula E bisa dibilang sebagai anak baru. Karena event ini sendiri baru pertama kali digelar pada tahun 2014. Sedangkan Formula 1 sudah ada sejak tahun 1950.

BACA JUGA: MNC Media Totalitas Tayangkan Formula E Jakarta 2022 yang Berkualitas

Lantas, apa sajakah perbedaan Formula E dan Formula 1? Dilansir dari situs Keith Prowse, berikut ulasannya.

1. Arena Pacuan

Perbedaan pertama dari Formula E dan Formula 1 adalah pada tempat balapannya. Mobil F1 dibuat untuk memiliki kinerja yang lebih baik. Sehingga dirancang untuk perlombaan di arena yang lebih panjang, lebih berliku, dan lebih kompleks.

Hal ini berbeda pada mobil balap Formula E yang dirancang untuk arena pacuan yang lebih pendek lebih sempit daripada sirkuit F1.

2. Pit Stop

Pit Stops merupakan tempat mobil balap berhenti baik untuk ganti ban maupun melakukan perbaikan mekanis. Pada balap mobil Formula 1, pembalap diharuskan berhenti di pit stops untuk mengganti ban.

Sedangkan pada balapan Formula E, pembalapnya tidak wajib dan tidak diizinkan mengganti ban kecuali ban mobilnya sudah tertusuk atau memang perlu diganti. Alasannya adalah karena jenis ban yang digunakan pada mobil balap FE dibuat khusus agar tahan di segala kondisi dan cuaca.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)