Biodata dan Agama Anthony Joshua, 2 Kali Juara Kelas Berat yang Mengguncang Jagat Tinju

Senin, 06 Juni 2022 - 21:02 WIB
loading...
Biodata dan Agama Anthony Joshua, 2 Kali Juara Kelas Berat yang Mengguncang Jagat Tinju
Selain hebat di atas ring, Anthony Joshua juga seorang pemeluk agama Islam yang taat/foto/boxingscene.com
A A A
LONDON - Profil Anthony Joshua , akan dibahas di artikel ini. Joshua merupakan seorang petinju kelas berat asal Inggris yang namanya sangat mendunia dengan prestasinya yang menyandang empat gelar sekaligus, yakni WBA, IBF, WBO dan IBO, sebanyak dua kali dalam kurun waktu 2016 hingga 2021.

Joshua lahir di Watford, Inggris pada 15 Oktober 1989. Itu artinya, saat ini pria yang memiliki nama lengkap Anthony Oluwafemi Olaseni Joshua itu berusia 32 tahun.



Joshua memiliki darah Nigeria dan Irlandia dari ayahnya yang bernama Robert Joshua. Sementara ibunya, Yeta Odusanya, merupakan asli Nigeria.

Semaca kecil, Joshua banyak menghabiskan waktunya di Nigeria dan hingga menginjak 12 tahun, dia belajar di sekolah asrama di negara afrika tersebut. Sayangnya, dia terpaksa kembali ke Inggris setelah itu karena orang tuanya bercerai.



Pada 2007 alias saat usianya 18 tahun, pria berpostur 198 cm itu memulai kariernya di dunia tinju. Dia pun sukses memenangkan kompetisi domestik bernama Haringey Box Cup 2009 dan 2010 serta ABA Championship 2010, yang membuatnya dipanggil ke Tim Nasional Tinju Britania Raya pada 2010 lalu.

Namun, kariernya sebagai petinju amatir sempat ternoda karena dia sempat masuk penjara selama satu tahun usai kedapatan membawa narkoba. Akan tetapi, hal itu tidak membuatnya kehilangan kemampuan hebatnya di atas ring tinju.

Buktinya, pada 2012 Joshua sukses menyabet emas dalam Olimpiade London 2012 di bawah bendera Britania Raya. Hasil itu didapatnya setelah mengalahkan petinju berpaspor Italia, Roberto Cammarelle, di partai final.

Hampir satu tahun setelah itu atau tepatnya ada 11 Juli 2013, Joshua akhirnya memutuskan untuk memulai perjalanan baru dalam kariernya. Dia terjun menjadi seorang petinju profesional yang turun di kelas berat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2434 seconds (0.1#10.140)