Valverde Ungkap Penyebab Messi Disukai Pelatih Barcelona

Minggu, 26 April 2020 - 00:35 WIB
loading...
Valverde Ungkap Penyebab Messi Disukai Pelatih Barcelona
Meski dipecat Barcelona, Ernesto Valverde mengaku merasa sangat bahagia bisa melatih pemain hebat macam Lionel Messi. Foto: reuters
A A A
BARCELONA - Kisah Ernesto Valverde bersama Barcelona berakhir secara mengecewakan. Walau musim lalu berhasil menjuarai La Liga untuk kedua kalinya secara beruntun, pelatih berusia 56 tahun itu dipecat pada 13 Januari 2020.

Meski demikian, Valverde mengaku tidak terlalu kecewa. Sebab, selain bisa membesut klub besar macam Barcelona, dia juga telah meraih sejumlah gelar. Tapi, kebahagian terbesarnya adalah mengasuh salah satu pemain terhebat di dunia, Lionel Messi.

Valverde mengatakan keberadaan penyerang asal Argentina itu mempermudah pekerjaannya. Itu bukan hanya bagi dirinya saja, juga pelatih sebelumnya seperti Luis Enrique, Gerrardo Martinez, Tito Vilanova, Pep Guardiola dan Frank Rijkaard.

“Sangat sulit mengatakan didepannya kalau Anda melihat pemain lain melakukan hal serupa yang dilakukannya (Lionel Messi) saat latihan. Sebab, Anda tidak mungkin melihat hal yang sama di tempat lain,” ujar Valverde, dilansir marca.

Valverde menyebut sihir Messi menjadi kunci utama bakal suksesnya rencana yang diterapkan pelatih Barcelona manapun. Tidak seperti pemain lainnya, dia mengatakan sangat mudah melatih La Pulga.

“Sering kali, ketika berada disisi lapangan, Anda terus berpikir apakah ini strategi yang tepat. Tapi, ketika melihat Messi bermain di lapangan, Anda bisa merasa tenang. Dia bisa mengeksekusi taktik yang diterapkan dengan baik,” ujar Valverde.

“Messi pemain yang mudah dilatih. Dia punya motivasi tinggi dan sangat mementingkan tim (Barcelona). Dia memiliki ambisi tinggi untuk menang. Dia selalu merasa punya tanggung jawab kepada klub ketika bertanding. Sikap itu ditularkannya kepada pemain lain yang membuat kemampuan mereka naik ke level lebih tinggi,” tandas Valverde.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4374 seconds (0.1#10.140)