Hasil UEFA Nations League 2022/2023: Kroasia Berjaya di Markas Denmark

Sabtu, 11 Juni 2022 - 04:04 WIB
loading...
Hasil UEFA Nations League 2022/2023: Kroasia Berjaya di Markas Denmark
Tim nasional Kroasia memetik tiga angka peting usai membungkam Denmark/foto/Twitter
A A A
KOPENHAGEN - Tim nasional Kroasia memetik tiga angka peting usai membungkam Denmark pada laga ketiga Liga A Grup 1 (A1) UEFA Nations League 2022/2023. Luka Modric dkk menang tipis 1-0 di Parken Stadium, Kopenhagen, Sabtu (11/6/2022) dini hari WIB.

Danish Dynamite –julukan Denmark- sebenarnya tampil sangat dominan pada babak pertama. Akan tetapi, Kroasia mampu bangkit pada babak kedua dan sukses mencuri satu gol lewat Mario Pasalic pada menit ke-69.

Dengan hasil tersebut, Kroasia naik satu tempat ke peringkat ketiga dengan koleksi empat poin dan hanya kalah selisih gol dari Austria yang pada laga lainnya menahan imbang Prancis 1-1. Sementara Denmark, meski kalah masih bercokol di puncak klasemen dengan torehan enam poin.

Jalannya pertandingan babak pertama, tampil di depan publik sendiri, Denmark langsung tancap gas sejak awal pertandingan. Mereka bermain dalam tempo cepat dengan permainan umpan-umpan pendek yang mereka terapkan.

Hasilnya, kerja sama apik para gelandang Denmark nyaris berbuah gol pada menit tujuh. Sayangnya, sepakan keras Andreas Cornelius dari tengah kotak penalti malah melambung tinggi di atas mistar gawang.

Empat menit berselang, gantian Joakim Maehle yang menebar ancaman. Namun, lagi-lagi sepakan kaki kirnya yang menyambut crossing Pierre Emile-Hojbjerg belum tepat sasaran karena menyamping di sisi kiri gawang.

Akan tetapi, Kroasia tak diam begitu saja. Mereka sesekali melancarkan serangan balik dan gantian mendapatkan peluang dari tendangan jarak jauh Mislav Orsic yang juga melambung jauh ke kiri atas gawang.

Setelah itu, Cristian Eriksen dkk terus menguasai jalannya pertandingan. Akan tetapi, sampai menit 30 tidak ada peluang berbahaya yang mereka dapatkan.

Di sisi lain, Vatreni –julukan Kroasia, yang banyak mencadangkan pemain andalan mereka, lebih banyak menunggu bola di area pertahanan mereka sendiri. Mereka juga kesulitan untuk membangun serangan karena mendapatkan pressing ketat dari tim tuan rumah.

Namun, hingga menit-menit akhir pertandingan percobaan-percobaan tendangan jarak jauh yang dilesatkan para pemain Denmark juga tak membuahkan satu pun gol. Alhasil, babak pertama ditutup dengan skor kacamata.

Memasuki babak kedua, untuk menambah daya gedor, Kroasia memasukkan Luka Modric begitu babak kedua dimulai. Namun, hingga 10 menit paruh kedua berjalan kreatifitas Kroasia masih belum meningkat karena mereka tak kunjung bisa mendapatkan peluang.

Sedangkan Denmark, juga nampak mengendurkan serangan pada awal babak kedua. Mereka baru bisa mengancam gawang lawan pada menit 55 lewat tendangan jarak jauh Hojbjerg yang masih jauh dari sasaran.

Dampak positif dari masuknya Modric baru terlihat setelah waktu melewati menit 55. Satu menit kemudian, gelandang Real Madrid itu mengirimkan umpan manis pada Andrej Kramaric. Sayangnya, tandukan Kramaric masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Pada menit 63, eks Tottenham Hotspur itu kembali menebar ancaman ke lini pertahanan Dannish Dynamite. Akan tetapi, sepakan kaki kanannya dari jarak jauh juga hanya melebar tipis di sisi kanan gawang.

Terus menekan, akhirnya serangan Kroasia membuahkan hasil pada menit 69. Mario Pasalic sukses menjebol gawang Kasper Schmeichel dengan sepakan kaki kirinya usai menerima umpan dari Andreas Skov Olsen. Tim tamu unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Denmark mengamuk dan bangkit dari keterpurukan. Mereka balik menekan Kroasia dan mendapatkan beberapa peluang matang.

Namun, penyelesaian akhir yang buruk dari Martin Braithwaite yang menorehkan dua peluang emas membuat mereka gagal menyamakan kedudukan hingga menit 80. Bahkan, setelah itu berkali-kali kesempatan yang mereka dapat tidak berhasil menjebol gawang Kroasia.

Alhasil, hingga pertandingan usai Kroasia mampu mempertahankan keunggulan satu gol mereka. Luka Modric dkk pun pulang dengan senyum bahagia.

Susunan pemain

Denmark (4-5-1): K. Schmeichel; D. Wass, J. Andersen, A. Christensen, J. Maehle; P. Hojbjerg, T. Delaney, A. S. Olsen, C. Eriksen, M. Damsgaard; A. Cornelius.
Cadangan: J. Vestergaard, V. Nelsson, M. Jensen, M. Braithwaite, R. Skov, R. N. Kristensen, P. Billing, D. Iversen, J. Stryger Larsen, J. Wind, Y. Poulsen, P. V. Jensen.

Kroasia (4-5-1): D. Livakovic; S. Vrsaljko, M. Erlic, J. Sutalo, J. Juranovic; K. Jakic, M. Brozovic, L. Ivanusec, M. Pasalic, M. Orsic; A. Kramaric.
Cadangan: J. Stanisic, L. Majer, D. Caleta-Car, J. Brekalo, M. Kovakic, L. Modric, N. Labrovic, N. Vlasic, L. Sucic, A. Budimir, D. Vida, I. Ivusic.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)