Luar Biasa! Ranking FIFA Indonesia Melejit 20 Tingkat sejak Dilatih Shin Tae-yong

Rabu, 15 Juni 2022 - 13:59 WIB
loading...
Luar Biasa! Ranking FIFA Indonesia Melejit 20 Tingkat sejak Dilatih Shin Tae-yong
Luar biasa. Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan keberhasilan Shin Tae-yong sejak ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2019 lalu / Foto: Instagram PSSI
A A A
Luar biasa. Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan keberhasilan Shin Tae-yong sejak ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2019 lalu.

Hampir empat tahun mengubah kultur sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong punya perjalanan tak mudah. Kritikan pedas kerap dirasakan pelatih pertama Korea Selatan yang menangani Skuad Garuda.

Namun demikian, Shin Tae-yong tak melulu mendapatkan kritikan saja. Dia juga punya prestasi yang patut dibanggakan penggemar sepak bola Tanah Air.

BACA JUGA: Ranking FIFA Timnas Indonesia Meroket usai Lolos Piala Asia 2023

Ibarat sutradara, pelatih berpaspor Korea Selatan itu selalu menghadirkan cerita menarik setiap Timnas Indonesia tampil, terutama dalam mencatatkan prestasi untuk mendongkrak peringkat di FIFA.

Pada September 2021, Timnas Indonesia hanya menempati posisi ke-175. Kemudian Indonesia memulai tren kenaikan posisi pada Oktober ketika mereka menghadapi Taiwan di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada November 2021, Indonesia sempat turun satu anak tangga ke posisi 166 usai kalah 0-1 dari Afghanistan. Namun setelah itu mereka kembali naik karena mendapatkan rentetan positif di uji coba dan Piala AFF 2020.

Indonesia yang meraih runner up di ajang tertinggi Asia Tenggara itu berhasil meraih lima kali kemenangan serta tiga hasil imbang yang didapat dari lawan yang berada di atasnya.

BACA JUGA: 3 Pemain Naturalisasi Girang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Alhasil, Indonesia naik dua posisi ke-164 di akhir Desember 2021. Pada Januari 2022, Indonesia menempati posisi 160 setelah mengalahkan Timor Leste pada laga FIFA Matchday.

Sekarang posisi Indonesia terus melejit di ranking FIFA. Terbaru, Indonesia naik ke urutan 155. Tak hanya membarui posisi saja, Shin Tae-yong juga berhasil mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)