Terjebak di Pot 4 Skenario Terburuk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Kamis, 16 Juni 2022 - 08:46 WIB
loading...
Terjebak di Pot 4 Skenario Terburuk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023
Timnas Indonesia berada di pot 4 setelah merebut tiket Piala Asia 2023 melalui babak kualifikasi. Skenario terburuknya skuad Garuda bisa terjebak di grup neraka / Foto: Asian Cup
A A A
JAKARTA - Timnas Indonesia sudah menyelesaikan tiga pertandingan kualifikasi Piala Asia 2023 dan hasilnya cukup memuaskan. Pasukan skuad Garuda dipastikan lolos ke putaran final setelah merebut status lima runner up terbaik.

Ini tentunya menjadi kabar yang sangat membahagiakan buat penggemar sepak bola di Tanah Air. Mengingat sudah 15 tahun pasukan Garuda menanti tampil di Piala Asia .

Tapi penggemar jangan terlalu berlebihan merayakan keberhasilan Timnas Indonesia . Pasalnya, dari pembagian pot skuad Garuda berada di pot 4 bersama Malaysia, Hong Kong, India, Tajikistan dan Thailand.

BACA JUGA: Pamit dari Kuwait, Timnas Indonesia: Terima Kasih Sudah Dilayani dengan Baik

Penempatan ini mengacu pada ranking FIFA dan pencapaian di babak kualifikasi. Jika mengacu pada aturan drawing, skenario paling berat yang bakal dihadapi Timnas Indonesia adalah mereka bisa bertemu dengan tim dari pot 1-3 (peringkat paling tinggi di FIFA).

Di pot 1, ada Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, dan Qatar. Di pot 2, ada Uni Emirat Arab, Irak, Oman, China, Suriah dan Vietnam.

Sementara di pot 3, dihuni Lebanon, Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan dan Palestina. Bisa saja Timnas Indonesia nantinya berada satu grup dengan Jepang, Uni Emirat Arab, atau Palestina.

BACA JUGA: 4 Negara Ambisi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Namun demikian, drawing Piala Asia 2023 bisa saja berubah mengingat AFC baru akan melakukan pembagian grup putaran final pada tahun depan. Artinya, peringkat peserta Piala Asia 2023 dalam ranking FIFA masih bisa bergerak naik atau turun. Selain itu, tuan rumah yang terpilih juga akan masuk ke pot 1.

(yov)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2513 seconds (11.252#12.26)