Helenius: Aku Kecewakan Joshua, Finlandia Punya Juara Dunia

Minggu, 26 April 2020 - 09:23 WIB
loading...
Helenius: Aku Kecewakan Joshua, Finlandia Punya Juara Dunia
Helenius: Aku Kecewakan Joshua, Finlandia Punya Juara Dunia/Boxing Scene
A A A
LAS VEGAS - Robert Helenius bertarung melawan Anthony Joshua dalam beberapa tahun terakhir. Jika Helenius mendapat kesempatan untuk menghadapi Joshua dalam pertarungan resmi, Viking Skandinavia itu yakin bisa meraih apa yang diharapkannya 10 tahun lalu. "Jika saya bertarung dengan Joshua,"kata Helenius kepada BoxingScene.com, "Itu berarti Finlandia akan memiliki juara dunia baru."

Helenius yang berusia 36 tahun dengan rekor ring (30-3, 19 KO) memenangkan kejuaraan emas WBA ketika ia mengalahkan Adam Kownacki (20-1, 15 KO). Kemenangan KO di ronde keempat itu menghancurkan rekor tidak terkalahkan Kownacki.

Kemenangan mengesankan itu setidaknya memindahkan Helenius ke posisi yang akhirnya menantang Joshua Inggris (23-1, 21 KO), yang memiliki sabuk juara WBA, WBO, IBF, dan IBO. "Saya pikir itu akan menjadi pertarungan yang sangat menarik," kata Helenius.

’’Itu akan cocok untukku. Saya juga pernah ke sana, bertanding dengannya, jadi saya mengenalnya sedikit. Dia pria yang baik. Saya sangat menyukainya. Tapi dia menghalangi saya untuk meraih gelar, jadi saya harus mengalahkannya."

Tidak jelas, menurut aturan WBA, siapa penantang wajibnya untuk gelar kelas berat "super" Joshua. Petinju Manuel Charr (31-4, 17 KO) adalah juara dunia Kelas Berat WBA, tetapi karena berbagai alasan ia belum bertanding sejak November 2017. Petarung Amerika, Trevor Bryan (20-0, 14 KO) memiliki gelar sementara WBA, namun ia belum berkompetisi sejak Agustus 2018. "Saya pikir ketika saatnya tiba, WBA akan melakukan hal yang benar dan menyatakan Robert penantang wajib untuk Anthony Joshua," kata Markus Sundman, manajer Helenius. "Dia mengejutkan penggemar di Amerika dengan merobohkan Kownacki, dan dia akan mengejutkan penggemar di seluruh dunia ketika dia mengalahkan Joshua."

Bryan berada di peringkat nomor satu di antara Kelas Berat dalam peringkat WBA. Baik Charr maupun Helenius tidak terdaftar dalam peringkat Kelas Berat WBA. "Charr dan Bryan tentu saja tidak lebih pantas mendapatkan gelar daripada Robert," kata Mike Borao, penasihat Helenius. "Tak satu pun dari mereka telah mengalahkan siapa pun di dekat kaliber Kownacki."

Joshua akan menjalani mandatory fight melawan penantang pertama IBF Kubrat Pulev yang memiliki rekor ring (28-1, 14 KO). Selain Pulev, Oleksandr Usyk dari Ukraina (17-0, 13 KO) yang merupakan penantang wajib dari WBO akan menjadi lawan berikutnya.

Joshua mengesankan Helenius dengan caranya saat membalas mengalahkan Andy Ruiz (33-2, 22 KO) dalam pertandingan ulang 12 ronde pada 7 Desember 2019. Joshua yang berusia 30 tahun membalas dendam kekalahan teknis ronde ketujuh dari Ruiz pada 1 Juni 2019. "Dia memang tetap bergerak, seperti yang dia katakan akan dia lakukan," kata Helenius. ’’Itu keputusan yang bagus untuk tidak berkelahi dengan seorang pria dengan tangan yang jauh lebih cepat. Jadi, dia melakukannya dengan baik."

Helenius masih yakin dia akan mengecewakan Joshua, yang dengan senang hati akan dia lawan di mana pun di Inggris. ’’Saya pikir ini akan seperti Barclays Center lagi,” kata Helenius mengenai penghentian putaran keempatnya di Kownacki Brooklyn pada 7 Maret. “Akan ada cemoohan dan hal-hal seperti itu pada awalnya. Dan kemudian, saat pertarungan berlangsung, itu akan sangat sunyi. ”
(and)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)