Piala Presiden 2022, PSM Lolos ke Babak Berikutnya Usai Unggul Poin Fairplay

Senin, 20 Juni 2022 - 06:20 WIB
loading...
Piala Presiden 2022, PSM Lolos ke Babak Berikutnya Usai Unggul Poin Fairplay
PSM Makassar vs Persik Kediri berakhir 0-0. Foto: Instagram/psm_makassar
A A A
MAKASSAR - PSM berhasil melaju ke babak berikutnya di Piala Presiden 2022. Juku Eja lolos usai mereka unggul sebagai tim fair play di Grup D.

Hasil imbang 0-0 melawan Persik di Stadion Kanjuruhan Malang, Ahad (19/6/2022) kemarin, membuat poin dan jumlah gol kedua tim sama. Yakni masing-masing mengumpulkan poin 4 dan mencetak 1 gol.

Namun PSM berhak menemani Arema FC lolos ke babak berikutnya, karena unggul poin fair play. Ya, jumlah kartu kuning yang dikantongi Juku Eja lebih sedikit ketimbang Persik.

Juku Eja tercatat mengantongi 3 kartu kuning saja sepanjang penyisihan grup. Sementara Macan Putih memiliki 11 kartu kuning. Jumlah itu yang terbanyak dari semua tim.



Pada pertemuan PSM versus Persik, pertandingan memang cenderung seimbang. Kedua tim sama-sama saling banyak menciptakan peluang sepanjang laga.

Persik memulai laga dengan menekan sejak awal. Macan Putih langsung menerapkan high press ke pertahanan PSM. Strategi ini berhasil dengan lahirnya peluang di menit 2 lewat Ferinando Pahabol. Namun sepakannya masih bisa ditahan kiper Reza Pratama.

PSM mampu keluar dari tekanan. Juku Eja mencoba mengandalkan serangan melalui sisi sayap pertahanan Persik. Namun Macan Putih masih bisa mengamankan area kotak penaltinya. Upaya Everton dkk masih gagal.

Menit 18, PSM kembali mengancam pertahanan Persik. Juku Eja dua kali melepaskan tendangan ke gawang lawan. Namun kiper Dikri Yusron masih sigap menghalaunya.

Dua menit berselang, Persik membalasnya dengan serangan melalui bola mati. Macan Putih beberapa kali membahayakan gawang PSM di menit 21. Namun upaya Joanderson dkk juga masih nihil.

Selain menusuk ke kotak penalti, Persik juga mengancam melalui tendangan jarak jauh. Seperti yang dilakukan oleh Riyatno Abiyoso. Sepakannya keras dan mengarah ke gawang, namun Reza masih bisa mematahkannya.

Jelang turun minum, giliran PSM yang menggempur pertahanan Persik. Mulai dari tendangan bebas, hingga sepakan pojok. Memang cukup membahayakan, namun belum berhasil menjebol gawang Macan Putih.

Kedua tim harus puas menyelesaikan babak pertama dengan tanpa gol. Skor kacamata di papan skor tak berubah di babak pertama.

Pada babak kedua, baik PSM dan Persik langsung saling menekan. Kedua tim sama-sama membangun serangan dari sisi sayap.



Persik sejatinya hampir saja mencetak gol duluan. Sepakan chip Renan Silva sudah berhasil melewati Reza. Namun bola yang hendak masuk ke gawang, berhasil diselamatkan oleh Yusran. Gawang PSM pun kembali aman.

Menit 58, PSM memasukkan Wiljan Pluim dan Sayuri bersaudara untuk menambah serangan. Strategi ini berhasil. Yakob langsung mengancam dengan sepakannya yang tipis dari gawang Dikri.

Persik mengejutkan PSM di menit 81. Macan Putih berhasil menusuk pertahanan Juku Eja. Umpan silang ke Kelly Sroyer gagal dimanfaatkannya menjadi gol. Sepakannya menyamping dari gawang Reza.

Juku Eja membalasnya di menit 83. Umpan tusukan Pluim berhasil mengarah ke Everton yang masuk ke kotak penalti. Sayang sepakannya tidak on target dan malah melambung di atas mistar gawang Persik.

Anak asuh Javier Roca kembali menekan di menit 85. Sepakan Abiyoso kembali on target, namun masih bisa dihalau oleh Reza. Beruntung bola muntah masih bisa diamankan oleh pemain PSM lainnya.

PSM sempat membuka harapan di menit 90+2. Pemain Juku Eja sudah tiga lawan satu dengan bek Persik. Namun penyelesaian akhir lagi-lagi menjadi persoalan. Sepakan Sananta melambung di atas mistar gawang.

Hingga pertandingan selesai, kedua tim gagal mencetak gol. PSM dan Persik harus puas berbagi skor 0-0 sampai laga usai.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares cukup puas dengan penampilan pemainnya. Meski peluang yang diciptakan, gagal menjadi gol.

"Saya pikir pertandingan tadi cukup bagus. Kita buat banyak peluang, dan lawan juga buat banyak peluang. Saya senang dengan performa pemain," katanya dalam sesi konferensi pers usai laga, kemarin.

Bernardo berani menurunkan pemain berbeda di starting line up. Nama-nama seperti Pluim, Yakob dan Yance dicadangkan.

"Kita memasukkan pemain baru di line up. Saya suka dengan intensitas pemain di pertandingan. Center Back kita bermain di 3 laga, jadi mereka kelelahan. Jadi di akhir laga, kita kecolongan. Tapi tidak diselesaikan oleh lawan," ujarnya.

Pengalaman di Piala Presiden ini menjadi modal bagi PSM menatap AFC Cup. Meski Bernardo meminta semua pihak untuk tidak berekspektasi lebih tinggi.

"Kita harus realistis. Kalian haris tahu bawah tim ini finish di klasemen dengan 2 poin di atas zona degradasi. Kita juga harus melihat, siapa pemain yang hengkang dan siapa pemain yang masuk. Tapi saya senang dengan pemain yang saya miliki sekarang," terangnya.

Pelatih asal Portugal ini juga menyoroti penampilan Everton. Dimana striker asing itu sama sekali tak mencetak gol di Piala Presiden 2022.

Namun Bernardo mengaku tak menekan Everton untuk harus mencetak gol. Terpenting ialah Everton sudah menjalankan instruksinya dengan baik.

"Everton mempunyai 2 peluang hari ini. Siapapun bisa mencetak gol. Tapi yang saya instruksikan, ia sudah jalankan. Seperti berlari, berduel bola dan memberi assist itu dilakukan," bebernya.



Pemain PSM Bryan Cesar, mengaku kurang senang dengan hasil ini. Ia masih berharap Juku Eja bisa melaju ke babak berikutnya.

"Agak kurang memuaskan. Karena harus menunggu pertandingan lain, untuk memastikan lolos. Kita sudah kasih 200 persen tapi belum berhasil. Tapi turnamen ini kita jadikan untuk mencari kekuatan kita pada laga berikutnya di Liga dan AFC.

Sementara itu Pelatih Persik, Javier Roca memandang permainan timnya lebih baik ketimbang PSM. Meski banyak peluang, namun gagal memanfaatkannya menjadi gol.

"Kita bermain pro aktif apalagi di babak kedua. Kita mengontrol pertandingan. Finishing masih kurang. Ada beberapa bola yang lewat garis gol. Itu adalah PR kita," kuncinya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)