3 Pemain Keturunan Indonesia Senjata Baru Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Rabu, 22 Juni 2022 - 11:15 WIB
loading...
3 Pemain Keturunan Indonesia Senjata Baru Timnas Indonesia di Piala Asia 2023
3 Pemain Keturunan Indonesia Senjata Baru Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Timnas Indonesia akan diperkuat tiga pemain naturalisasi di Piala Asia 2023 . Mereka adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama yang baru saja bergabung dengan Merah Putih.

Sebenarnya, ketiga pemain tersebut ditargetkan tampil di babak kualifikasi Piala Asia 2023. Namun proses naturalisasi masih berlangsung. Beruntung, Indonesia tembus babak utama sehingga tiga amunisi anyar tersebut bisa unjuk gigi.

Baca Juga: Termasuk Indonesia, Ini 24 Negara yang Lolos ke Piala Asia 2023

Harapan besar saat ini berada di pundak tiga pemain naturalisasi. Pelatih Shin Tae-yong sendiri bahkan mengatakan timnya cukup bergantung pada tiga amunisi anyar, meski skuad sudah dibangun jauh sebelum kedatangan ketiganya.

“Piala Asia memang tidak gampang, lawan kuat daripada sekarang. Dengan pemain naturalisasi akan lebih kuat dari pada ini,” ungkap Shin Tae-yong di Jakarta, Kamis (16/6/2022) lalu.

Lantas, seperti apa sosok Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama yang digadang-gadang bakal memberi dampak positif bagi skuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023?

1. Jordi Amat (Bek)
3 Pemain Keturunan Indonesia Senjata Baru Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Jordi Amat yang kini bermain untuk klub Belgia, KAS Eupen, mendapat hak naturalisasi karena sang neneknya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Berdasarkan data Transfermarkt, Jordi Amat lahir di Barcelona, pada 21 Maret 1992. Pemain berposisi sebagai bek tengah ini merupakan pemain jebolan akademi Espanyol.

Jordi naik kelas ke tim utama Espanyol pada Februari 2010. Ia melakoni 46 penampilan bersama tim utama Espanyol selama dua tahun. Kebersamaan Jordi dengan Espanyol tak bertahan lama setelah ia sempat dipinjamkan ke Rayo Vallencano pada musim panas 2012.

Setelah dari masa pinjamannya, Jordi pindah ke Inggris untuk bergabung bersama Swansea City . Selama berseragam Swansea City, Jordi mencatatkan 72 penampilan hingga 2018. Pengalamannya tampil di Liga Inggris bersama Swansea City tentu bisa memberi dampak positif bagi Timnas Indonesia.

2. Sandy Walsh (Bek)
3 Pemain Keturunan Indonesia Senjata Baru Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Pemain yang lahir di Brussels, Belgia, 14 Maret 1995 itu salah satu pemain yang memiliki darah keturunan Indonesia dari kakeknya. Sandy Walsh menghabiskan waktu di tim junior Tempo Overijse dan ERC Hoeilaart sebelum bergabung dengan Anderlecht pada 2003.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6038 seconds (0.1#10.140)