5 Stadion Megah Siap Unjuk Gigi jika Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Rabu, 22 Juni 2022 - 19:00 WIB
loading...
5 Stadion Megah Siap Unjuk Gigi jika Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
Indonesia telah lolos ke Piala Asia 2023. Ini membuka peluang menjadi calon tuan rumah karena punya sejumlah stadion megah bertaraf internasional. Foto: wiki
A A A
JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 usai menempati posisi runner-up terbaik. Ini membuka peluang menjadi salah satu calon tuan rumah.

Baca Juga: 5 Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Jawa Timur, 2 Membela Timnas Singapura

China yang semula ditunjuk untuk menggelar Piala Asia pada tahun depan memutuskan mundur sebagai tuan rumah. Ini lantaran pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

AFC akhirnya menawarkan semua negara yang termasuk dalam asosiasi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, termasuk Indonesia. Mereka memberikan tenggat waktu kepada negara asosiasi hingga akhir Juni 2022.

Indonesia sampai saat ini masih mengkaji tawaran tersebut. Sebab, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun depan.

Di sisi lain, Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar dikabarkan sudah menunjukkan keseriusannya untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Sementara itu, Indonesia sejatinya memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah Piala Asia.



Pasalnya persyaratan yang harus dipenuhi sebagai tuan rumah di antaranya memiliki sedikitnya lima stadion dengan kapasitas minimal 20 ribu penonton.

Selain itu, ada satu stadion khusus untuk menggelar acara pembukaan dan final dengan minimal kapasitas 40 ribu kursi. Kemudian tuan rumah harus menyediakan venue pertandingan dengan minimal dua lapangan latihan untuk dua grup.

Indonesia memiliki beberapa stadion yang bisa menampung lebih dari 40 ribu penonton. Terlebih stadion-stadion di Indonesia sempat digunakan untuk ajang Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2570 seconds (10.55#12.26)