Livio Suppo Pastikan Tim Suzuki Absen di MotoGP 2023

Minggu, 26 Juni 2022 - 02:02 WIB
loading...
Livio Suppo Pastikan Tim Suzuki Absen di MotoGP 2023
Kepala Tim Suzuki Ecstar, Livio Suppo, memastikan bahwa tim pabrikan asal Jepang itu bakal absen pada MotoGP 2023 / Foto: Twitter Team Suzuki Ecstar (@suzukimotogp)
A A A
ASSEN - Kepala Tim Suzuki Ecstar, Livio Suppo , memastikan bahwa tim pabrikan asal Jepang itu bakal absen pada MotoGP 2023. Pernyataan itu muncul setelah tersiar kabar bahwa tim tengah bernegosiasi dnegan Dorna Sports terkait rencana mundur dari ajang balap kuda besi tahun depan.

Pada Mei 2022 lalu, tim Suzuki mengumumkan bahwa musim ini adalah tahun terakhir mereka mentas di MotoGP. Mereka beralasan tengah mengalami kesulitan finansial sehingga tak mampu lagi melanjutkan proyek di balapan kuda besi paling bergengsi di dunia itu.

Lalu, pada MotoGP Prancis 2022 tim pabrikan Hamammatsu sedang melakukan diskusi dengan Dorna Sports terkait pemutusan kontrak balapan mereka di MotoGP, yang berlansung dari 2022 hingga 2026. Hal itu terjadi setelah pemegang hak komersial mengatakan bahwa keputusan Suzuki tidak dapat dilakukan secara sepihak.

BACA JUGA: Hasil FP2 MotoGP Belanda 2022: Ducati Mendominasi, Francesco Bagnaia Tercepat

Sejak itu, tidak ada kabar terbaru yang diberikan mengenai negosiasi tersebut. Namun, sebelum MotoGP Belanda 2022 digelar pada akhir pekan ini, Livio Suppo akhirnya buka suara.

Meski belum mengetahui hasil dari negosiasi tersebut, Suppo memastikan Suzuki tidak akan berubah pikiran. Mereka akan tetap hengkang dari MotoGP pada akhir musim 2022 ini.

"Maksud saya, Suzuki mengkonfirmasi secara resmi bahwa itu tidak akan balapan tahun depan. Lalu yang sedang berlangsung adalah negosiasi dengan Dorna, yang bukan merupakan tugas saya. Jadi, saya tidak bisa mengatakan apa-apa tentang itu," kata Suppo dilansir dari Motorsport International, Sabtu (25/6/2022).

BACA JUGA: Analisis Si Kurus Menyoal Peluang Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022

"Tapi, yang pasti tidak ada yang berubah. Tidak ada peluang Suzuki di sini tahun depan," imbuhnya.

Sementara negosiasi tersebut terus berlanjut, masa depan kedua pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins, sepertinya sebentar lagi akan menemui titik terang. Keduanya disebut telah menemukan tim baru untuk balapan tahun depan.

Sang juara MotoGP 2020 kabarnya akan merapat ke Repsol Honda untuk berduet dengan Marc Marquez. Sedangkan Rins, dilaporkan telah mendekati kesepakatan untuk bergabung dengan LCR Honda menggantikan Alex Marquez.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)