Sejarah Israel Lolos Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Minggu, 26 Juni 2022 - 12:34 WIB
loading...
Sejarah Israel Lolos Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia
Israel menciptakan sejarah baru dengan menembus putaran final Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia / Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Israel menciptakan sejarah baru dengan menembus putaran final Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Kepastian itu didapat setelah pasukan Ofir Haim kalah dari Inggris dengan skor 0-1 pada laga terakhir penyisihan Grup B Piala Eropa U-19 2022 di Stadion Mestsky, Ziar Nad Hronom, Slovakia, Sabtu (25/6/202).

Gol semata wayang Inggris dicetak Liam Delap saat laga baru berjalan enam menit. Dengan hasil ini, Inggris berada di puncak klasemen Grup A dengan nilai sempurna sembilan poin.

Sementara Israel menempati urutan kedua dengan nilai empat poin dari kemenangan yang diraih melawan Austria dan imbang melawan Serbia. Dengan demikian, Israel bakal tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

BACA JUGA: Piala Dunia U-20 2023: Kemungkinan Israel U-19 Tampil di Indonesia, Ini Tanggapan Jubir Kemlu RI

Ini merupakan sejarah baru bagi Israel mengingat ini kali pertama mereka lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Ketua Asosiasi Sepak Bola Israel, Oren Hasson, mengucapkan selamat atas pencapaian tersebut. Ini merupakan investasi yang besar dan belum pernah terjadi sebelumnya dengan tim-tim muda.

"Selamat kepada sekelompok pemain yang luar biasa, yang mencatat pencapaian bersejarah dengan lolos ke semifinal Kejuaraan Eropa dan memastikan partisipasi mereka di Piala Dunia di Indonesia tahun depan. Investasi besar dan belum pernah terjadi sebelumnya dalam tim-tim muda oleh Asosiasi Sepak Bola, konstruksi yang tepat, jalan dan pengetahuan, membuahkan hasil yang menjanjikan," tutur Hasson dikutip dari Instagram resmi Timnas Israel, Minggu (26/6/2022).

"Kami memiliki hadiah yang mengesankan dan kami akan melakukan segalanya untuk membuat masa depan lebih baik. Pujian kepada tim tim muda yang dipimpin oleh Yila Hus, Bonnie Ginzburg dan Moshe Sinai dan tentu saja kepada pelatih tim muda Ofir Haim dan tim profesional. Tim ajaib ini telah menunjukkan kepada kita bahwa mimpi menjadi kenyataan dan langit adalah batasnya dan saya yakin bahkan di semifinal mereka akan melakukan segalanya untuk memberi kita lebih banyak momen kegembiraan dan kebanggaan," pungkas Hasson.

Lantas bagaimana perlakuan Indonesia selaku tuan rumah mengetahui Israel lolos? Juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) Teuku Faizasyah, membeberkan bahwa Indonesia tetap menyambut kedatangan Timnas Israel U-19. Dan, mengapa hal tersebut akan tetap berjalan karena undangan yang dikirim ke Israel U-19 melalui pihak ketiga. Di mana pihak ketiga di sini adalah FIFA.

Teuku mengungkapkan bahwa hal tersebut berdasarkan atas hasil pertemuan bersama Inter-Parliamentary Union (IPU) pada tahun lalu. IPU merupakan forum internasional permanen pertama yang membidangi negosiasi politik antarnegara.

"Seperti pertemuan IPU tahun lalu, untuk event internasional dan Indonesia sebagai tuan rumah kesertaannya dimungkinkan," kata Faizasyah saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (24/6/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1673 seconds (11.97#12.26)