Karate DIY targetkan 2 emas di Pomnas

Rabu, 27 November 2013 - 20:33 WIB
Karate DIY targetkan 2 emas di Pomnas
Karate DIY targetkan 2 emas di Pomnas
A A A
Sindonews.com - Dalam cabang olahraga karate Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas), DIY menargetkan meraih dua medali emas. Selain mengikutkan kembali atlet unggulan pada Pomnas 2011, DIY juga membawa atlet unggulan baru.

"Atlet karate DIY yang kami unggulkan untuk mampu meraih emas ialah Alin Sukma yang juga meraih emas di Pomnas sebelumnya. Satu atlet lagi masih kami rahasiakan karena merupakan atlet baru namun dengan kemampuan yang cukup bisa diandalkan untuk merebut juara," ujar Pelatih Karate DIY Danardono Rabu (27/11).

Kepada SINDO Danar menuturkan, atlet karate yang mewakili DIY di Pomnas berasal dari beberapa universitas yakni UNY, UGM, UAD dan UCY. Namun, atlet terbanyak dikirim oleh UNY mencapai delapan orang dan salah satunya ialah Alin Sukma. Berkat emas yang diraih saat Pomnas 2011 lalu di Kepulauan Riau, Alin bahkan terpilih menjadi wakil Indonesia di Pomasean 2012 di Laos dan berhasil meraih emas.

"Untuk cabang olahraga karate, kami yakin mampu meraih target ini. Sebenarnya hampir semua atlet karate DIY sangat berbakat, namun kita tidak ingin muluk-muluk menetapkan target. Pada Pomnas sebelumnya, karate jadi satu-satunya peraih emas untuk DIY," ungkapnya.

Dengan meningkatnya target kemenangan raihan medali karate, Danar juga berharap rangking DIY bisa meningkat dibanding Pomnas 2011 yang tidak masuk 10 besar. Penyelenggaraan pertandingan cabang olahraga karate sendiri telah dimulai sejak 26 November 2013 lalu hingga final pada 28 November 2013.

Diakui Danar, sebelum menghadapi Pomnas, para atlet mendapat pelatihan khusus. Kesempatan usai mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) Kabupaten Sleman pada Oktober 2013 lalu dimanfaatkan sebagai evaluasi.

"Kami merekap kesalahan-kesalahan yang mereka buat saat Porda dan saat pertandingan sebelum-sebelumnya. Dengan begitu mereka tahu apa yang tidak boleh kembali terulang dan mampu bertanding maksimal," tuturnya.

Wakil Ketua Panitia Pomnas ke-13 Prof Dr Sumaryanto mengatakan, secara keseluruhan, DIY ditargetkan mampu masuk dalam lima besar dengan 17 perolehan medali emas. Sedangkan untuk UNY sendiri sebagai koordinator pelaksanaan Pomnas ditargetkan juga mampu masuk lima besar dalam urutan perguruan tinggi.

"DIY sendiri memang mengunggulkan beberapa cabang olahraga seperti tenis, voli pantai, panahan, silat, karate, atletik, sepakbola, renang dan futsal putri. Panahan dan karate misalnya, kita tahu kita punya atlet yang potensial dan sudah terbukti prestasinya di Pomnas sebelumnya. Semoga prestasi atlet kita lebih baik lagi tahun ini," imbuhnya.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6469 seconds (0.1#10.140)