4 Pemain Keturunan Indonesia yang Cetak Gol untuk Timnas Indonesia

Rabu, 29 Juni 2022 - 23:59 WIB
loading...
4 Pemain Keturunan Indonesia yang Cetak Gol untuk Timnas Indonesia
Cukup banyak pesepak bola keturunan yang bersedia menjadi pemain Indonesia. Ada yang sudah mencetak gol, salah satunya Elkan Baggott. Foto: ANTARA FOTO/Humas PSSI
A A A
JAKARTA - Cukup banyak pesepak bola keturunan atau berdarah Indonesia yang akhirnya bersedia untuk dinaturalisasi. Bahkan, beberapa di antara mereka berhasil tampil apik dan mencetak gol bagi Tim Nasional (Timnas) Indonesia .



Setidaknya, ada empat pemain keturunan Indonesia terkenal dan sudah membobol gawang lawan saat membela skuad Garuda Indonesia. Berikut ulasannya:

1. Ezra Walian

Ezra Walian adalah pemain keturunan Indonesia yang lahir di Amsterdam, Belanda. Ayahnya berasal dari Manado, Sulawesi Utara, dan ibunya berasal dari Belanda.

Walau tidak lama, Walian sempat tinggal di Manado, sampai umur tiga tahun sebelum menetap dan menghabiskan masa kecilnya di Belanda. Penyerang Persib Bandung itu resmi menjadi Warga Negara Indonesia sepenuhnya pada 20 Maret 2017.

Dia pernah mencetak gol pembuka saat laga Indonesia vs Singapura di semifinal leg kedua Piala AFF 2020 pada 25 Desember 2021. Kala itu tim Merah Putih menang 4-2.

2. Elkan Baggott

Elkan Baggott adalah pemain yang lahir di Bangkok, Thailand, pada 23 Oktober 2002. Dia memiliki darah Indonesia dari garis keturunan ibunya. Sementara ayahnya berkebangsaan Inggris.

Elkan memutuskan pindah warga negara dan membela Indonesia. Pemain Ipswich Town itu mencetak gol perdananya melalui sundulan di menit ke-82 saat melibas Malaysia 4-1 di Piala AFF 2020.

Dia juga menjebol gawang Nepal saat laga terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023. Hasilnya, Indonesia menang 7-0 dan berhasil lolos ke putaran final.

3. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly adalah pemain keturunan. Ibunya orang Belanda dan ayahnya asli Indonesia. Dia mengambil sumpah kewarganegaraan Indonesia pada Oktober 2011.

Pria yang akrab disapa Fano itu membela Indonesia di Piala AFF 2016 dan 2018. Fano sukses mencetak gol untuk Indonesia di semifinal Piala AFF 2016 saat masih dilatih Alfred Riedl.

Dia mencetak gol pertama di leg kedua semifinal Piala AFF 2016 melawan Vietnam. Total, winger berusia 32 tahun itu sudah menyumbang tiga gol bagi Indonesia dari 27 penampilan.

4. Irfan Bachdim

Irfan Bachdim juga masuk kategori ini. Ayahnya, Noval Bachdim adalah warga negara Indonesia keturunan Arab yang lahir di Malang. Dia menikah dengan Hester van Dijk, wanita berkebangsaan Belanda.

Irfan Bachdim memulai debutnya untuk Indonesia pada 1 Desember 2010 di Kejuaraan AFF 2010. Kala itu, dia membantu skuad Garuda mencapai final.

Dua golnya dalam kompetisi itu mendorongnya menjadi bintang sepak bola di Indonesia. Gelandang serang berusia 33 tahun itu tergolong subur di kancah internasional, dengan catatan 12 gol dari 41 penampilan.

(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)