Terlibat korupsi, IOC ancam depak India

Minggu, 08 Desember 2013 - 16:52 WIB
Terlibat korupsi, IOC ancam depak India
Terlibat korupsi, IOC ancam depak India
A A A
Sindonewa.com - Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengancam akan mengeluarkan keanggotaan India dari komite olimpiade kecuali India bersedia memecat para pejabatnya yang terlibat korupsi.

India menghadapi kemungkinan sanksi dikeluarkan dari keanggotaan Komite Olimpiade Internasional (IOC) kecuali mereka memecat para pejabat yang terlibat korupsi dalam badan olimpiade nasional negara itu, menurut ketua IOC Thomas Bach.

" IOC siap mencabut keanggotaan negara berpenduduk terbanyak kedua di dunia itu jika tidak memenuhi “peraturan permainan” paling lambat Selasa (10/12) mendatang," tuturnya seperti dilansir voasport

Jika terjadi, ini akan menjadi pertama kali sebuah negara dikeluarkan dari asosiasi Olimpiade sejak Afrika Selatan lebih dari 40 tahun lalu akibat kebijakan diskriminasi ras di negara itu.

Badan Olimpiade India dijadwalkan bertemu Minggu di New Delhi untuk mempertimbangkan merevisi peraturannya guna mematuhi perintah IOC. Jika tidak ada kemajuan, dewan eksekutif IOC akan merekomendasikan pencabutan keanggotaan India dalam pertemuan Selasa di Lausanne.

IOC tahun lalu menangguhkan keanggotaan India karena intervensi pemerintah dalaM proses pemilihan badan olimpiade negara itu. Meski banyak isu sudah terselesaikan, India masih belum mematuhi tuntutan IOC agar memecat para pejabat yang dikenai tuduhan kriminal.

Vonis akhir akan diputuskan IOC dalam pertemuan di Sochi, Rusia, awal Februari, sehari sebelum Olimpiade Musim Dingin 2014.

Bach mengatakan " Pencabutan keanggotaan berarti India tidak lagi memiliki komite olimpiade nasional dan mereka tidak bisa ikut dalam semua acara olahraga IOC,"

Dalam beberapa tahun ini, IOC pernah menangguhkan keanggotaan Kuwait, Ghana dan Panama akibat intervensi politik tetapi kemudian dipulihkan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4100 seconds (0.1#10.140)