Josh Taylor Lepas Sabuk Juara WBC, Ada Apa Tartan Tornado?

Sabtu, 02 Juli 2022 - 08:22 WIB
loading...
Josh Taylor Lepas Sabuk Juara WBC, Ada Apa Tartan Tornado?
Josh Taylor Lepas Sabuk Juara WBC, Ada Apa Tartan Tornado?/The Sun
A A A
Josh Taylor melepas sabuk juara kelas ringan super (welter junior) WBC setelah menunda mandatory melawan Jose Zepeda. BoxingScene mengkonfirmasi bahwa The Tartan Tornado --julukan Josh Taylor-- secara resmi mengosongkan sabuk juara WBC .

Josh Taylor melalui pengacarnya mengirimkan surat resmi pengosongan gelarnya tersebut. Perkembangan terjadi setelah tiga penundaan terpisah untuk menentukan hak promosi pertarungan gelar yang dijadwalkan lebih dari dua bulan lalu. ''WBC baru saja menerima surat dari pengacara Josh [Taylor] di mana dia mengkonfirmasi keputusannya untuk melepaskan kejuaraan super ringan WBC," ujar presiden WBC Mauricio Sulaiman.

Baca Juga: Kisah James Buster Douglas KO Mike Tyson yang Guncang Jagat Tinju

''WBC benar-benar menyesal telah kehilangan begitu banyak waktu dan memiliki pesaing wajib Jose Zepeda yang dibekukan serta pejuang lainnya di divisi ini. Kami berharap Josh Taylor sukses di masa depannya di dalam dan di luar ring.''

WBC secara resmi memerintahkan pertarungan antara Zepeda dan mantan juara WBC/WBO Jose Ramirez, dalam pertandingan ulang setelah duel pada Februari 2019 di Fresno. Ramirez mengungguli Zepeda melalui keputusan mayoritas sebagai bagian dari perebutan gelar selama tiga tahun dari Maret 2018 melalui kekalahannya yang tipis dan mutlak dari Taylor dalam kejuaraan mereka yang tak terbantahkan Mei lalu.

Pertarungan Zepeda vs Ramirez yang dijadwalkan datang dengan periode negosiasi 30 hari untuk mencapai kesepakatan, sebelum penawaran bayaran 1 Agustus. Top Rank mempromosikan Ramirez dan Taylor, dan telah bekerja sama dengan Zepeda selama beberapa tahun terakhir dengan Zanfer Boxing dari Fernando Beltran.

Taylor yang memiliki rekor 19-0 (13KO) kini melepaskan dua dari empat gelar utama yang dia pegang setelah kemenangannya atas Ramirez. Petinju kidal Skotlandia itu memasuki pertarungan sebagai juara bertahan WBA/IBF, mengklaim gelar WBC/WBO dari Ramirez dalam pertarungan di mana diketahui bahwa sejumlah penantang menunggu pemenangnya.

Kemenangan Taylor datang dengan dua pertarungan wajib, pesaing nomor satu WBO Jack Catterall berada di urutan pertama sesuai kesepakatan untuk memungkinkan kejuaraan yang tak terbantahkan. Taylor menepati janji itu, tapi menderita cedera yang menunda bentrokan mereka yang direncanakan 18 Desember di Glasgow. Pertarungan itu dijadwalkan ulang pada 26 Februari, dengan Taylor selamat dari knockdown untuk mengklaim kemenangan split yang sangat diperdebatkan.

Permintaan datang untuk pertandingan ulang, meskipun Taylor ditekan karena harus membuka jalur dengan WBA dan WBC. Dia melakukannya dengan cara yang sulit, pertama memutuskan hubungan dengan WBA sebagai pengganti pertahanan gelar wajib versus penantang Dominika yang tak terkalahkan Alberto Puello.

Baca Juga: 3 Petinju Penakluk Saul Alvarez , 2 Raja KO Tak Terkalahkan

Pertarungan Puello berhasil mencapai kesepakatan, dimenangkan oleh TGB Promotions atas nama Premier Boxing Champions (PBC), yang berencana menggelar pertarungan yang dijadwalkan pada 16 Juli di Las Vegas. Puello sekarang akan menghadapi Batyr Akhmedov untuk memperebutkan gelar WBA yang kosong.

Taylor masih memiliki prospek untuk menghadapi Zepeda untuk mempertahankan gelar WBC. Alih-alih muncul persepsi mengulur waktu, karena WBC menarik garis melalui tanggal penawaran yang dijadwalkan 24 Juni.

Zepeda berhasil meraih posisi nomor satu setelah menang KO ronde keenam atas Ivan Baranchyk pada Oktober 2020. Zepeda adalah petinju terakhir yang bertahan, memberikan KO unggulan dalam Fight of the Year 2020 yang diakui secara universal.
(aww)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1274 seconds (10.177#12.26)