Profil Rafli Asrul: Pemain Indonesia U-19 yang Lolos Trial di Klub Yunani

Rabu, 06 Juli 2022 - 11:03 WIB
loading...
Profil Rafli Asrul: Pemain Indonesia U-19 yang Lolos Trial di Klub Yunani
Rafli Asrul menjadi istimewa karena perannya di posisi gelandang skuad Timnas Indonesia U-19 dan ia sangat aktif mengalirkan bola dari belakang ke depan maupun sebaliknya. Ini tentu tak lepas dari pengalamannya yakni trial di klub Yunani, Atromitos / Foto
A A A
JAKARTA - Rafli Asrul belum lama ini berhasil membius penikmat sepak bola di Tanah Air saat ia mengantarkan Timnas Indonesia U-19 menang 7-0 atas Brunei Darussalam U-19 pada laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabagha, pada Senin (4/7/2022). Pemain PSM Makassar itu terasa istimewa lantaran peran sentralnya dalam menjaga keseimbangan lini tengah.

Rafli menjadi istimewa karena perannya di posisi gelandang skuad Garuda Nusantara sangat aktif mengalirkan bola dari belakang ke depan maupun sebaliknya. Ini tentu tak lepas dari pengalamannya yakni trial di klub Yunani, Atromitos.

Atromitos merupakan tim kasta tertinggi Liga Yunani. Nantinya Rafli Asrul bisa saja bertemu dengan Cyrus Margono, kiper keturunan Indonesia yang berkarier bersama tim Panathinaikos B.

BACA JUGA: Pelatih Thailand U-19 Kecele gara-gara Shin Tae-yong Ubah Sistem Permainan

Rafli merupakan pemain kelahiran Enrekang, 19 Februari 2003. Saat ini dia bermain bersama klub kebanggaan Sulawesi Selatan, PSM Makassar.

Posisi gelandang serang menjadi keahlian bagi Rafli. Tak ayal, peran sentral itu membuatnya selalu menjadi langganan di kubu skuad Timnas Indonesia U-19.

Namun bila bersaing di klub, namanya masih tersingkir dari pemain-pemain senior lainnya. Itu terbukti saat bergabung dengan skuat senior PSM di tengah musim, dia baru membukukan tiga penampilan.

BACA JUGA: Intimidasi Suporter Timnas Indonesia U-19 Lecut Semangat Pemain Thailand U-19

Rafli mengawali karier di sekolah sepak bola Enrekang sejak 2015 lalu. Tepatnya saat dia masih berusia 12 tahun.

Saat masuk usia 15 tahun atau tepatnya pada 2018, Rafli direkrut PSM Makassar U-16. Kemudian dia perlahan masuk ke PSM Makassar U-18.

Dari penampilan yang apik bersama PSM, Rafli terpanggil mengikuti pendidikan di Garuda Select 3 yang dibina oleh Legenda Chelsea Dennis Wise. Dari sana kemampuannya terasah sampai bisa dipanggil Timnas Indonesia U-19.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2764 seconds (0.1#10.140)