FBAI Target Cetak Petarung MMA Indonesia dengan Prestasi Mendunia

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:00 WIB
loading...
FBAI Target Cetak Petarung MMA Indonesia dengan Prestasi Mendunia
FBAI juga menampilkan demo beladiri campuran atau Mixed Martial Arts (MMA) dan mempertontonkan berbagai macam teknik / Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Federasi Beladiri Amatir Indonesia (FBAI) menggelar sosialisasi organisasi dalam pameran INA Sport Festival 2022 di Jakarta. Dalam pameran olahraga yang digagas Kemenpora, FBAI juga menampilkan demo beladiri campuran atau Mixed Martial Arts ( MMA ) dan mempertontonkan berbagai macam teknik.

Ketua Umum FBAI Ki Kusumo mengatakan, Indonesia kaya akan ragam beladiri. Mulai dari karate, taekwondo, kungfu, hingga pencak silat. Menurutnya, Indonesia seperti mesin yang kuat, petarungnya banyak tapi tidak punya wadah.

"Nah saya lihat belum ada wadah khusus yang menaungi beladiri campuran, khususnya induk organisasi yang dinaungi pemerintah. Ada banyak orang yang pengin main seperti UFC, main atas bawah kunci dll, tapi tidak punya wadah," kata dia dalam keterangan persnya, Rabu (6/7/2022).

BACA JUGA: Marah Kalah dari Oleksandr Usyk, Anthony Joshua Pecat Pelatih

"Jadi ini wadah untuk membina dan menggali para atlet beladiri campuran agar ke depan lebih berprestasi. Baik lokal atau dunia nantinya," sambungnya.

Lebih dari itu, beberapa program tengah disiapkan FBAI. Ini sesuai dengan arahan KONI Pusat agar FBAI lebih luas memperkenalkan olahraga ini di masyarakat. "kami juga akan memperkenalkan ke dunia internasional," tuturnya Ki Kusumo.

Sesuai anjuran Menpora, lanjut Ki Kusumo, dalam waktu dekat FBAI akan berpartisipasi dalam olahraga campuran di tingkat nasional dan internasional, guna mengharumkan nama bangsa dan negara.

BACA JUGA: Dmitry Bivol Ancam Artur Beterbiev: Saya Mau Juara Tak Terbantahkan

"Bulan Juli kita gelar even Piala Gubernur di Sumatera Utara, lalu di Solo pada agustus nanti ada kejuaraan Internasional Indonesia MMA open yang akan diikuti petarung dari 7 negara. Jika beladiri campuran jadi cabang yang dipertandingkan dalam SEA GAMES 2023 di Kamboja, kita sudah siap," pungkas Ki Kusumo.

Sementara itu Sekjen FBAI Mourice Sihombing menambahkan, sejak berdiri pada 21 Desember 2021, FBAI sudah memiliki 23 pengurus provinsi (Pengprov). Wilayah 1 meliputi Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau dan Lampung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)