4 Hasil Pertandingan Sepak Bola dengan Skor Tergila: Salah Satunya 149-0!

Kamis, 07 Juli 2022 - 05:01 WIB
loading...
4 Hasil Pertandingan Sepak Bola dengan Skor Tergila: Salah Satunya 149-0!
4 Hasil Pertandingan Sepak Bola dengan Skor Tergila: Salah Satunya 149-0! SportsDias
A A A
JAKARTA - Kasus dugaan pengaturan skor ( match fixing ) pertandingan sepak bola di Sierra Leone, Afrika Barat, meghasilkan skor 91-1 dan 95-0. Meski terdengar tidak masuk akal, skor kontras bukan kali pertama terjadi dalam sepak bola.

Rekor pertandingan dengan jumlah gol terbanyak, sekaligus kemenangan paling besar dalam sejarah sepak bola terjadi pada tahun 2002. Tepatnya ketika klub Madagaskar, AS Adema menang 149-0 atas SO l'Emyrne.

Untuk menyegarkan kembali ingatan, berikut 4 hasil pertandingan dengan skor gila yang pernah tercatat dalam sejarah sepak bola.

1. Arbroath vs Bon Accord 36–0 (Piala Skotlandia, 1885)

Skor kontras dalam pertandingan sepak bola tercatat pertama kali tercipta ketika Arbroath mengalahkan Bon Accord dengan skor 36–0 di Piala Skotlandia 1885.

Arbroath unggul 15-0 pada babak pertama, dan mencetak 21 gol lagi di babak kedua. Surat kabar The Scottish Athletic Journal pada saat itu menulis bahwa Arbroath bisa menang dengan skor jauh lebih besar jika saja upaya pemain mereka tidak membentur tiang sebanyak 41 kali.

Seorang pemain bernama John Petrie, 18 tahun, memborong 13 gol dalam laga itu. Dia masih tercatat sebagai pemegang rekor gol terbanyak di turnamen senior— meskipun jumlah itu akhirnya disamai oleh Archie Thompson ketika Australia mengalahkan Samoa dengan skor 31-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2002 pada 11 April 2001.

2. Gulf FC vs Koquima Lebanon 91–1 (Liga Sierra Leone, 2022)

Klub divisi satu Liga Sierra Leone, Afrika Barat, Gulf FC, sedang berjuang di kualifikasi akhir yang memperebutkan tiket promosi ke Premier League, sebutan kasta teratas sepak bola Sierra Leone.



Di pertandingan terakhir, Gulf FC yang wajib menang, mengakhiri laga dengan skor fantastis 91-1 pada pertandingan yang berlangsung Minggu (4/7/2022). Skor yang fantastis ini membuat Federasi Sepakbola Sierra Leone (SLFA) turun tangan. Mereka pun mencurigai adanya pengaturan skor dalam dua pertandingan tersebut.

3. Kahula Rangers vs Lumbenbu United 95–0 (Liga Sierra Leone, 2022)

Sama halnya seperti Gulf FC, klub Liga Sierra Leone yakni Kahula Rangers juga membidik kemenangan di laga terakhir kualifikasi yang memperebutkan tiket promosi ke Premier League. Secara mengejutkan, Kahula Rangers menang dengan skor 95-0 ketika menghadapi Lumbenbu United.

Kahunla hanya unggul 2-0 di babak pertama atas Lumbebu, namun berhasil mencetak 93 gol di babak kedua. Hasil pertandingan ini juga diduga kuat terkait pengaturan skor, di mana Lumbenbu United ditengarai diminta mengalah agar Kahula Rangers lolos kualifikasi. Pertandingan ini juga diinvestigasi oleh federasi sepak bola setempat.

4. AS Adema vs SO l'Emyrne 149–0 (Turnamen Play-off Madagaskar, 2002)

Pada 31 Oktober 2002, jagat sepak bola dihebohkan oleh kemenangan besar AS Adema atas SO l'Emyrne (SOE) di Madagaskar dengan skor 149–0. Pertandingan ini memegang rekor dunia sebagai pertandingan dengan skor terbesar, diakui oleh The Guinness Book of Records.

Pertandingan ini merupakan bagian dari turnamen playoff yang diikuti empat tim dengan sistem setengah kompetisi untuk menentukan juara nasional. Gelar juara menjadi milik Adema setelah SOE, yang merupakan juara bertahan, ditahan imbang dengan skor 2–2 oleh DSA Antananarivo dalam pertandingan kedua terakhir mereka.

Yang menjadi sorotan, pada laga AS Adema vs SO l'Emyrne, para pemain SOE sengaja mencetak gol ke gawang sendiri sebagai bentuk protes atas kepemimpinan wasit.

Penonton mengatakan, menurut laporan ESPN, bahwa setiap pertandingan dimulai kembali, bola ditendang ke gawang mereka sendiri, pemain lawan hanya berdiri dan tampak bingung. Dilaporkan bahwa penonton mendatangi loket tiket untuk meminta pengembalian uang.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)