alexametrics

Prestasi dunia atlet SMANOR Sidoarjo

loading...
Prestasi dunia atlet SMANOR Sidoarjo
Atlet SMANOR Sidoarjo setelah menerima penghargaan/Rachmad Tomy/Koran Sindo
A+ A-
Sindonews.com - Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga (SMANOR) Sidoarjo masih menjadi pusat pembinaan olahraga andalan. Terbukti selama kurun waktu tahun 2013, para atlet Smanor mampu mempersembahkan sebanyak 19 medali di level dunia.



Terdiri dari 4 emas, 5 perak dan 10 perunggu. Medali tersebut dipersembahkan dari tga cabor. Yaitu judo, panjat tebing dan voli pantai. Dari cabang olahraga judo mempersembahkan 3 emas, 4 perak dan 9 perunggu. Kemudianpanjat tebing menyumbangkan 1 perunggu dan dari voli pantai mempersembahkan 1 emas dan 1 perak.



"Ini prestasi yang membanggakan yang ditunjukkan oleh anak-anak kami. Ini adalah prestasi dunia dan internasional. Kita berharap ini bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan," ujar Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Harun saat disela-sela memberikan penghargaan kepada para atlet berprestasi di SMANOR, Jumat (27/12).



Prestasi yang diukir para atlet Smanor, kata Harun, selainmengangkat nama Jatim, mereka mengharumkan nama Indonesia. Untuk cabor judo, para atlet mendapatkan medali tersebut saat berlaga di ajang Ganesha Cup yang digelar pada Mei lalu di Jakarta. Di event tersebut, sebanyak 6 negara berpartisipasi. Antara lain Amerika Serikat, Prancis, Malaysia, Jepang, Korea Selatan dan tuan rumah Indonesia.



Para atlet judo Smanor yang meraih medali antara lain Ajie Albarado, Diah Retno, Ellya Asharrish, Khuntum Nanda, Lailatul Mukaromah dan Shofiatul Fuadah.



Sedangkan cabor voli pantai berhasil mempersembahkan medali di ajang Islamic Solidarity Games yang digelar di Palembang September lalu. Atlet voli pantai yang menyumbangkan medali adalah Anggik Setyawan, Novira Elsyaviansa, Raka Prakoso dan Riski Dwi.



"Yang sangat membanggakan, mereka ini masih muda dan saya yakin prestasinya masih bisa dikembangkan. Selain itu kariernya masih panjang," tandas Harun didampingi Kepala UPT Smanor, Zainal Arifin.



Sementara itu di ajang nasional yakni di PON XVIII Riau 2012 lalu, SMANOR mengirimkan 54 atlet untuk memperkuat kontingen Jawa Timur dan mendapatkan 48 medali. Dari 86 emas yang diraih kontingen PON Jatim, 12 emas diantaranya disumbangkan para atlet dari Smanor. Prestasi ini meningkat dibanding PON XVII/2008 di Kalimantan Timur yang menyumbangkan sebanyak 11 emas, 11 perak dan 7 perunggu.



Dua belas emas yang dipersembahkan Smanor tersebut, berasal dari 6 cabang olahraga . Yakni atletik, judo, panjat tebing, pencak silat, selam dan sepak takraw. Untuk sepak takraw tercatat sebagai cabor terbanyak yakni menyumbangkan emas yakni 5 keping emas.
(aww)
preload video
BERITA TERKAIT
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak