Elena Rybakina Juara Wimbledon 2022, Federasi Tenis Rusia: Kami Memenangkan Turnamen

Minggu, 10 Juli 2022 - 11:01 WIB
loading...
Elena Rybakina Juara Wimbledon 2022, Federasi Tenis Rusia: Kami Memenangkan Turnamen
Elena Rybakina Juara Wimbledon 2022. Foto: REUTERS/Hannah Mckay
A A A
MOSKOW - Pernyataan kontroversial dibuat Federasi Tenis Rusia setelah Elena Rybakina memenangi grand slam Wimbledon 2022 . Menurut mereka, kemenangan Rybakina merupakan kemenangan bagi Rusia.

Elena Rybakina merupakan petenis berkebangsaan Kazakhstan yang memiliki ikatan emosional dengan Rusia. Petenis berusia 23 tahun itu lahir di Moskow, Rusia, tepatnya pada 17 Juni 1999.

"Sangat menyenangkan! Bagus Rybakina! Kami memenangkan turnamen Wimbledon," kata Kepala Federasi Tenis Rusia, Shamil Tarpischev, dikutip The Moscow Times, Minggu (10/7/2022).



Meski demikian, pada 2018 Elena Rybakina pernah ditolak Federasi Tenis Rusia yang pada saat itu surplus petenis nasional. Elena Rybakina kemudian memilih memperkuat Federasi Tenis Kazakhstan.

Kemenangan Elena Rybakina di Wimbledon 2022 sempat menuai sorotan tajam. Di media sosial, sejumlah netizen mengecam kemenangan tersebut karena Elena Rybakina memiliki kedekatan emosional dengan Rusia yang notabene sedang menggelar invasi militer ke Ukraina.

Terkait hal itu, petenis ranking 23 dunia enggan berkomentar ketika disuruh mengutuk serangan Presiden Rusia, Vladimir Putin, ke wilayah Ukraina. Menurutnya, yang terpenting adalah Kazakhstan sangat mendukung kariernya di dunia tenis.

"Saya tidak memilih di mana saya dilahirkan. Orang-orang percaya pada saya. Kazakhstan sangat mendukung saya,” ujar Rybakina.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2305 seconds (0.1#10.140)