Pelatih Optimistis Timnas Indonesia Putri Berprestasi di Piala AFF Wanita U-18 2022

Senin, 18 Juli 2022 - 01:00 WIB
loading...
Pelatih Optimistis Timnas Indonesia Putri Berprestasi di Piala AFF Wanita U-18 2022
Pelatih Optimistis Timnas Indonesia Putri Berprestasi di Piala AFF Wanita U-18 2022. Foto: PSSI
A A A
PALEMBANG - Setelah gagal membawa Tim Nasional Indonesia Putri berbicara banyak di Piala AFF Wanita 2022 , pelatih Rudy Eka Priyambada optimistis Garuda Pertiwi -julukan Timnas Wanita Indonesia- U-18 bisa berprestasi di Piala AFF Wanita U-18 2022. Pasalnya, mereka dinilai mempunyai pengalaman yang baik di kompetisi sebelumnya.

Seperti diketahui, Timnas Wanita Indonesia U-18 Wanita telah memulai seleksi dan pemusatan latihan jelang Piala AFF Wanita U-18 yang akan digelar pada 22 Juli 2022 mendatang. Skuad Garuda Pertiwi pun tiba di Palembang satu pekan lebih awal jelang dimulainya kompetisi yang rencananya akan digelar di dua stadion, yakni Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan Stadion Atletik.

Beca Juga: Hasil Piala Asia Wanita 2022: Bekuk Myanmar 2-0, Korsel Lolos ke Babak Gugur

Pada kompetisi ini, Garuda Pertiwi tergabung di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Kamboja dan Singapura. Sementara itu, Grup B ditempati oleh empat negara lainnya yakni Australia, Myanmar, Malaysia dan Filipina.

Menurut Rudy Eka, dirinya mengaku gagal dalam membawa Timnas Wanita Indonesia senior berbuat lebih di Piala AFF 2022 dan kompetisi lainnya. Di mana, Garuda Pertiwi kalah saing dengan Vietnam hingga Thailand.

Akan tetapi, lanjut Rudy Eka, ia optimistis bahwa di level junior melalui turnamen Piala AFF Wanita U-18 2022 ini, anak asuhnya bisa berprestasi. Pasalnya, mereka dinilai telah mempunyai pengalaman yang cukup baik di kompetisi sebelumnya.

“Di level junior saya rasa kita bisa berbicara. Mungkin di level senior kita sudah tertinggal jauh dengan Filipina, Thailand, Vietnam, Myanmar maupun Australia," ungkap Rudy Eka, dilansir dari laman resmi PSSI, Minggu (17/7/2022).

"Tapi dengan pengalaman yang sudah didapat oleh beberapa pemain di Piala Asia dan Piala Wanita AFF, seharusnya kita bisa tampil beda di kompetisi kali ini," tambah Rudy.

Sementara itu, pada tahap seleksi dan TC ini, Rudy Eka menerapkan disiplin yang ketat kepada para pemain. Bahkan, Rudi juga mengarahkan para pemain untuk tidak bermain sosial media hingga kompetisi selesai.

“Setiap hari ini kami membiasakan para pemain untuk disiplin dan membatasi mereka dalam menggunakan sosial media," jelas Rudy Eka.

"Telepon genggam disita untuk sementara waktu, agar supaya sepanjang siang hari waktu yang ada dipakai untuk istirahat. Tentu kami izinkan mereka untuk menghubungi orang tua juga. Hanya saja kami menerapkan ini untuk menjaga fokus mereka di lapangan ketika berlatih dan bertanding," tukasnya.

Timnas Indonesia Putri U-18 akan melakoni laga pertama Piala AFF U-18 Women’s Championship pada 22 Juli mendatang. Garuda Pertiwi Muda akan menghadapi Singapura di laga perdananya. Selain Singapura, Sheva Imut dan kawan-kawan akan menghadapi Kamboja, Vietnam dan Thailand di pertandingan selanjutnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)