Inilah 3 Klub Bulu Tangkis Legendaris Indonesia Pencetak Pemain Hebat

Selasa, 19 Juli 2022 - 18:10 WIB
loading...
Inilah 3 Klub Bulu Tangkis Legendaris Indonesia Pencetak Pemain Hebat
Greysia Polii/Apriyani Rahayu saat memperkuat klub Jaya Raya. Foto: PP PBSI
A A A
JAKARTA - Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga favorit di Indonesia selain sepak bola. Selain banyak penggemar, cabang bulu tangkis juga konsisten berprestasi di kancah dunia, hal itu tak lepas dari kesuksesan berbagai klub menelurkan atlet berbakat.

Baca Juga: Hebat! 11 Gelar Jago Bulu Tangkis Indonesia di BWF World Tour 2022

Bibit atlet bulu tangkis selalu berhasil dilahirkan oleh klub-klub yang namanya sudah melegenda di Indonesia. Sumbangsih klub sejalan dengan prestasi para atlet yang konsisten menyabet medali di berbagai ajang olahraga bergengsi hingga Olimpiade .

Berikut 3 klub bulu tangkis legendaris Indonesia yang menyumbang banyak medali.

1. PB Djarum
Inilah 3 Klub Bulu Tangkis Legendaris Indonesia Pencetak Pemain Hebat

Melihat dari sejarahnya, PB Djarum diresmikan pada tahun 1974. Alasan pembentukannya sendiri didasarkan pada kecintaan Budi Hartono (CEO PT Djarum) kepada olahraga badminton.

Dikutip dari situs resminya, pada 1978 Lim Swie King berhasil meraih gelar juara tunggal putra All England. Raihan tersebut terus berlanjut sepanjang dua edisi setelahnya. Hal ini membuat Lim Swie King meraih gelar juara di All England selama tiga tahun berturut-turut.

Selain itu, pada 1981, Kartono dan Heryanto juga berhasil menyabet juara Ganda Putra di All England.

Lanjut, pada era 1990-an mulai muncul jagoan lain dari PB Djarum. Pada 1991, Ardy B.Wiranata menjadi juara tunggal putra All England. Setahun berselang, giliran Alan Budikusuma yang meraih medali emas pada Olimpiade Barcelona. Sedangkan Ardy Wiranata (Tunggal Putra) dan Eddy Hartono/Gunawan meraih medali perak. Di tahun yang sama, pasangan Eddy Hartono dan Gunawan juga meraih gelar juara Ganda Putra di All England.

Setelahnya, masih banyak para pemain di PB Djarum yang turut menorehkan prestasi. Berikut di antaranya:

1993
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)