Profil Timnas Kepulauan Mariana Utara, Anggota EAFF yang Belum Diakui FIFA

Selasa, 26 Juli 2022 - 22:08 WIB
loading...
Profil Timnas Kepulauan Mariana Utara, Anggota EAFF yang Belum Diakui FIFA
Kepulauan Mariana Utara (Northern Mariana Islands) anggota EAFF belum diakui FIFA/Foto/NMIFA Media/Julia Espino
A A A
SAIPAN - Negara anggota East Asian Football Federation ( EAFF ) menarik dibedah. EAFF memiliki satu anggota yang ternyata belum diakui ototritas sepak bola dunia, FIFA. Negara yang belum tercantum dalam keanggotaan FIFA adalah Kepulauan Mariana Utara (Northern Mariana Islands).

Mungkin nama negara tersebut masih asing di telinga para penggemar sepak bola. Sebenarnya negara ini pernah menghadapi Timnas Indonesia U-16 dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.



Dalam pertandingan itu Skuad Garuda Muda menang mudah dengan skor 15-1 dalam babak kualifikasi Grup G.

Kepulauan Mariana Utara terletak di bagian utara Samudra Pasifik dekat dari Filipina dan Hawai. Negara ini juga berdekatan dengan Negara Guam, yang merupakan pulau paling selatan dari Mariana Utara.



Sama seperti Guam, Kepulauan Mariana Utara juga merupakan wilayah Amerika Serikat yang berbasis di Mikronesia. Terlepas dari status administratifnya, kepulauan ini memiliki populasi yang sangat beragam, dipimpin oleh orang Filipina dan kelompok etnis Chamorro setempat.

Tak hanya berlaga dalam EAFF saja, Timnas Mariana Utara juga mengikuti Micronesian Games menghadapi negara-negara di Samudra Pasifik.

Mereka juga menjadi salah satu pencetus ajang tersebut dan menjadi tuan rumah untuk edisi pertama ajang Micronesian Games 1969.

Debut internasional Timnas Mariana Utara tercatat juga pada gelaran Micronesian Games 1969 ini.

Sebagai anggota asosiasi AFC, tim nasional Kepulauan Mariana Utara sebelumnya telah berpartisipasi dalam berbagai kompetisi yang diselenggarakan badan kontinental dan EAFF.

Federasi Sepak Bola Mariana Utara (NMIFA) yang baru dibentuk pada 2005 lalu ini masuk sebagai anggota EAFF pada tahun 2008.

Terlepas dari keterbatasan geografis negara itu sendiri dan basis permainan yang relatif sederhana, Kepulauan Mariana Utara memiliki ambisi lebih lanjut terhadap sepak bola, meskipun ada kemunduran baru-baru ini yang disebabkan oleh Covid-19.

Pada tanggal 29 Oktober 2021 lalu NMIFA secara resmi mengajukan aplikasi untuk diterima sebagai anggota FIFA.

Kepulauan Mariana Utara memang sudah beberapa kali mengikuti gelaran di ajang EAFF namun belum pernah sekalipun lolos dari babak kualifikasi grup. Karena itulah prestasi timnas ini bahkan dalam hal kemenangan masih sangat minim.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)