Jika Bundesliga Tak Dilanjutkan, Sepak Bola Jerman Bakal Hancur

Senin, 27 April 2020 - 17:07 WIB
loading...
Jika Bundesliga Tak Dilanjutkan, Sepak Bola Jerman Bakal Hancur
Bundesliga harus segera dimainkan jika tak ingin sepak bola Jerman akan hancur. Foto : ESPN
A A A
MUENCHEN - Mantan pemain Timnas Jerman Steffen Freund memperingatkan sepak bola negerinya bakal hancur jika kompetisi tak segera dilanjutkan. Deutsche Fussball Liga (DFL), operator Bundesliga sudah mewacanakan menggelar kompetisi pada 9 Mei mendatang.

Tapi DFL pun masih menunggu rekomendasi pemerintah. Jika pemerintah memberikan lampu hijau pertandingan akan digelar secara tertutup.

Ada sembilan pertandingan Bundesliga yang masih harus dimainkan, serta semifinal dan final DFB-Pokal, dan klub tidak akan ingin melihat pendapatan siaran terancam oleh kurangnya aksi. Freund mengkhawatirkan yang terburuk bagi sejumlah klub jika otoritas liga tidak diberi izin untuk menggelar pertandingan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

"Secara keseluruhan sepak bola Jerman (liga) adalah yang terbaik saat ini di Eropa. Karena kami siap untuk memulai pada 9 Mei jika para politisi menyetujui. Tentu saja, Jerman siap dan mereka ingin melihat Bundesliga lagi," katanya dalam wawancara dengan BBC Radio 5 Live, Senin (27/4).

"Tentu saja, dengan pandemi virus corona Anda memiliki beberapa masalah dan satu masalah tentu saja untuk melakukan tes sebagian besar pemain sebelum dan sesudah pertandingan. Tetapi jika Anda tidak memulai dalam dua atau tiga bulan ke depan, banyak tim dari Bundesliga pertama dan kedua bangkrut. Kemudian kami tidak memiliki cukup tim untuk bermain di musim berikutnya."

"Jadi secara keseluruhan saya benar-benar positif. Jika bukan 9 Mei, Jerman akan mulai, saya pikir paling lambat pada akhir Mei, Bundesliga tentu saja dengan 'permainan hantu' dan tanpa pendukung."

Sementara itu otoritas kesehatan Jerman akan mengamati situasi dengan seksama dan harus memberikan persetujuan pada rencana DFL. Freund khawatir apa yang akan terjadi jika ada wabah virus corona menjangkiti pemain di liga.

"Jika, misalnya, satu tim, atau lima atau enam pemain, positif corona, itu saya pikir pertanyaan terbesar yang harus mereka jawab. Apa yang terjadi kemudian? Karena saya pikir biasanya seluruh tim harus dikarantina dan Anda tidak bisa bermain dan Anda tidak bisa menyelesaikan liga."

"Jika Anda bermain dan kemudian positif, jika misalnya, lima pemain Bayern Munich lalu apa yang Anda lakukan?
Saya mengerti situasi di Spanyol dan Italia bahkan lebih buruk dan orang-orang sekarat, tidak ada pertanyaan."

"Tetapi jika dalam tiga bulan Anda memiliki 10 tim di liga pertama dan kedua di Spanyol bangkrut, di Inggris sama, di Italia sama, di Jerman sama, maka sulit untuk memulai musim baru pula," pungkas Freund.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5126 seconds (0.1#10.140)