Ranking FIFA India Ancam Indonesia, PSSI Bimbang Pilih AFF Atau EAFF

Selasa, 02 Agustus 2022 - 07:59 WIB
loading...
Ranking FIFA India Ancam Indonesia, PSSI Bimbang Pilih AFF Atau EAFF
Ranking FIFA India Ancam Posisi Timnas Indonesia di AFF/Theweek
A A A
Ranking FIFA Timnas India mengancam posisi Timnas Indonesia di AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara). Ranking FIFA dan prestasi Timnas India ternyata cukup mengancam jika Timnas Indonesia benar-benar hengkang dari AFF dan bergabung dengan EAFF (Federasi Sepak Bola Asia Timur).

Ranking FIFA India yang berada di posisi 104 dunia jauh di atas Indonesia yang tercecer di peringkat 155 dunia. Prestasi dan kekuatan Timnas India boleh dibilang lebih baik dari Indonesia.

Baca Juga: AFF Balas Protes PSSI, Timnas Indonesia Angkat Kaki Gabung eAFF?

Kekuatan Timnas India begitu perkasa saat bersaing di SAFF (Federasi Sepak Bola Asia Selatan). Timnas India sulit ditaklukkan negara SAFF lainnya seperti Bangladesh, Nepal, Pakistan, Maladewa, dan Sri Lanka.

Sementara di AFF, ada 11 Negara yang merupakan anggota Federasi Sepak Bola Asia Tenggara dikabarkan menolak Timnas Indonesia keluar dan bergabung ke EAFF (Federasi Sepak Bola Asia Timur). Nah, di tengah arus penolakan Indonesia gabung EAFF, Federasi Sepak Bola India (AIFF) disebut-sebut siap menggantikan posisi skuad Garuda di AFF.

Kencangnya arus dukungan suporter yang meminta Timnas Indonesia keluar dari AFF dan gabung ke EAFF karena buntut dugaan main mata Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 2022. PSSI pun dikabarkan sudah berkomunikasi dengan EAFF ditambah meningkatnya jumlah followers akun Instagram EAFF, @EAFF_Official.

Tahun lalu, Times of India memberitakan Federasi Sepak Bola India (AIFF) mengajukan permohonan pindah dari Federasi Sepak Bola Asia Selatan (SAFF) ke AFF. ''Tujuan kami (pindah ke AFF) agar Timnas (India) mendapatkan tekanan dalam kompetisi. Respons AFF sangat positif, tapikami terjebak dalam situasi pandemi Covid 19,''kata Sekjen IAFF Kushal Das. ''Ketika AFF menerima permintaan kami, maka kami turut dalam kompetisi mereka dengan sungguh-sungguh.''

Baca Juga: 11 Negara AFF Tolak Indonesia Gabung EAFF, India Siap Menggantikan

PSSI pun bimbang memilih bertahan di AFF atau bergabung dengan EAFF. Apalagi setelah AFF membalas protes PSSI terkait dugaan main mata Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 2022. PSSI masih mengkaji apakah jadi keluar dari AFF atau tidak. Dalam laman resmi PSSI , induk organisasi sepak bola tertinggi di Indonesia itu menghormati AFF dan konfederasi sepak bola dunia lainnya. Dan, sampai saat ini PSSI masih anggota AFF.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan PSSI sedang mengkaji untung rugi keluar dari AFF. ''Jadi setelah ini kita akan diskusikan dengan anggota Exco PSSI untuk membahas untung ruginya kita keluar atau tidak dari AFF. Setelah itu baru kita putuskan,'' kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.
(aww)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1624 seconds (10.177#12.26)