Ini Kalkulasi Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2022

Kamis, 04 Agustus 2022 - 10:03 WIB
loading...
Ini Kalkulasi Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2022
Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 Muhammad Kafiatur (kanan) saat melawan Timnas Singapura U-16 di AFF U-16 2022, Rabu (3/8/2022). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.
A A A
YOGYAKARTA - Timnas Indonesia U-16 menghadapi dua skenario untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-16 usai membantai Singapura U-16 dengan skor 9-0. Antara finis sebagai juara Grup A atau runner-up terbaik.

Sebelum masuk dalam skenario yang dihadapi Indonesia, kita perlu tahu bahwa regulasi Piala AFF U-16 menyebut ada tiga tiket otomatis ke semifinal yang akan diberikan kepada masing-masing juara grup. Artinya, dengan format tiga grup (A, B, dan C) akan ada satu tiket yang diberikan untuk runner up terbaik.



Timnas Indonesia U-16 saat ini memuncaki Grup A dengan 6 poin dari dua kemenangan. Namun, Vietnam punya kans yang sama karena mengoleksi jumlah poin setara. Menariknya, Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam U-16 di matchday terakhir Grup A, Sabtu (6/8/2022).

Jika menang atau imbang, Indonesia akan lolos sebagai juara Grup A. Namun, jika kalah, Vietnam yang akan mengantongi tiket ke semifinal. Sampai di sini nasib Indonesia belum berakhir. Skuad asuhan Bima Sakti masih berpeluang lolos dari jalur runner up terbaik.

Pengamat sepak bola, Akmal Marhali, saat dihubungi MNC Portal Indonesia Rabu (3/8/2022) malam mengatakan, peluang Indonesia U-16 untuk lolos ke semifinal sangat besar. Sebab, di grup lain yakni B dan C, persaingan tidak seketat di Grup A.

"Kalau dilihat komposisi, Grup B dan C hanya akan meloloskan juara grup. Sebab, runner-up terbaik milik Grup A dengan produktivitas gol Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam," kata Akmali.

Di Grup B, Thailand diprediksi keluar sebagai juara grup dengan gap yang besar dibanding tiga pesaing yakni Laos, Timor Leste, dan Brunei. Sedangkan di Grup C, persaingan menjadi milik Timnas Malaysia dan Australia karena di atas kertas, dua pesaing lain yakni Myanmar dan Kamboja tidak terlalu diperhitungkan untuk lolos.

Kendati demikian, Timnas Indonesia U-16 tidak boleh jemawa. Skenario terburuk bisa saja menimpa anak asuh Bima Sakti apabila gagal memanfaatkan dua skenario di atas.

Timnas Indonesia U-16 mau tidak mau harus mengalahkan Vietnam di laga terakhir pada 6 Agustus 2022. Garuda Asia diharapkan tidak mengulang kesalahan 'kakaknya' Timnas Indonesia U-19 yang tersingkir menyakitkan gara-gara kalah head to head dari Vietnam di Piala AFF U-19 2022.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)