Full Senyum! Timnas Indonesia U-16 Sikat Vietnam, Garuda Asia Lolos ke Semifinal

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 21:57 WIB
loading...
Full Senyum! Timnas Indonesia U-16 Sikat Vietnam, Garuda Asia Lolos ke Semifinal
Timnas Indonesia U-16 lolos ke semfiinal Piala AFF U-16 dengan merebut status juara Grup A. Kepastian itu didapat setelah mengalahkan Vietnam U-16 dengan skor 2-1 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (6/8/2022) / Foto: PSSI
A A A
SLEMAN - Timnas Indonesia U-16 lolos ke semfiinal Piala AFF U-16 dengan merebut status juara Grup A. Kepastian itu didapat setelah mengalahkan Vietnam U-16 dengan skor 2-1 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (6/8/2022).

Bermain di depan pendukung tuan rumah, Timnas Indonesia U-16 bermain dengan penuh percaya diri. Memainkan umpan-umpan pendek, Arkhan Kaka dkk tampil menekan sejak menit awal.

Sejumlah peluang emas sempat tercipta, namun gawang Vietnam U-16 masih belum bergetar. Empat menit sebelum paruh pertama usai, ribuan pendukung yang memadati Maguwoharjo sempat terdiam ketika wasit menunjuk titik putih setelah Rizdjar Nurviat melakukan tekel kepada pemain Vietnam di kotak terlarang.

BACA JUGA: Hasil Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam U-16: Garuda Asia Tertinggal 0-1

Dari tayangan ulang, sebenarnya pemain Vietnam U-16 menjatuhkan diri (diving) di dalam kotak penalti ketika tengah berebut bola. Tapi wasit tetap menunjuk titik putih dan Nguyen Cong Phuong, yang menjadi algojo sukses mengeksekusi penalti dengan sempurna.

Bagi Indonesia, ini merupakan kebobolan pertama di Piala AFF U-16 2022. Skor 0-1 untuk keunggulan Vietnam U-16 bertahan hingga paruh pertama usai.

Di babak kedua, Bima Sakti melakukan perubahan pemain. Sultan masuk menggantikan Hanif. Masuknya Sultan membuat permainan Garuda Asia berubah.

BACA JUGA: Liga 1 2022/2023: Bungkam Persik Kediri, Madura United Puncaki Klasemen

Hasilnya, pada menit 51, ribuan pendukung Timnas Indonesia bergemuruh. Berawal dari penetrasi yang dilakukan Tegar ke jantung pertahanan lawan, Tegar lantas mengirimkan umpan lambung yang langsung disambut Arkhan dengan sundulan.

Skor pun berubah menjadi 1-1. Selang empat menit kemudian, Garuda Asia makin terbang tinggi setelah tendangan Nabil tak mampu diantisipasi kiper Vietnam U-16.

Timnas Indonesia U-16 berbalik unggul 2-1. Jual beli serangan terus terjadi di sisa waktu pertandingan, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 2-1 untuk kemenangan Garuda Asia tak berubah.

Dengan demikian, Timnas Indonesia U-16 berhasil lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 dengan status juara Grup A. Pasukan Bima Sakti mengumpulkan poin sempurna (9) dari tiga pertandingan yang telah dimainkannya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)