Timnas Indonesia U-16 Hancurkan Vietnam, Dennis Wise: Good Luck di Semifinal

Minggu, 07 Agustus 2022 - 11:21 WIB
loading...
Timnas Indonesia U-16 Hancurkan Vietnam, Dennis Wise: Good Luck di Semifinal
Timnas Indonesia U-16 Hancurkan Vietnam, Dennis Wise: Good Luck di Semifinal/Instastory Dennis Wise
A A A
Kemenangan Timnas Indonesia U-16 menghancurkan Vietnam di laga pemungkas Piala AFF U-16 2022 membuat Dennis Wise kagum. Direktur Football of Garuda Select itu memberikan selamat kepada Timnas Indonesia U-16 yang memastikan ke semifinal Piala AFF U-16.

Legenda Chelsea itu dalam instastorynya secara khusus menyampaikan support kepada Timnas Indonesia U-16 dan PSSI. "Congrats to Indonesia U16s great win #AFF @pssi wonderful support. Good Luck in the Semi-Finals ❤

Baca Juga: Kalah dari Indonesia, Nasib Vietnam Ditentukan Hasil Grup C

Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal Piala AFF U-16 dengan merebut status juara Grup A meraih nilai 9 di klasemen akhir. Kepastian itu didapat setelah menghancurkan Vietnam U-16 dengan skor 2-1 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (6/8/2022) malam. Kekalahan itu membuat Vietnam U-16 di posisi kedua Grup A dengan nilai 6.

Dua gol kemenangan Timnas Indonesia U-16 dilesakkan oleh Arkhan Kaka Putra di menit ke-51 dan Muhammad Nabil Asyura yang mengantarkan lolos ke semifinal. Timnas Indonesia masih menunggu lawan di semifinal sambil menunggu hasil pertandingan grup lain.

Bermain di depan pendukung tuan rumah, Timnas Indonesia U-16 bermain dengan penuh percaya diri. Memainkan umpan-umpan pendek, Arkhan Kaka Putra dan kawan-kawan tampil menekan sejak menit awal. Sejumlah peluang emas sempat tercipta, namun gawang Vietnam U-16 masih belum bergetar. Empat menit sebelum paruh pertama usai, ribuan pendukung yang memadati Maguwoharjo sempat terdiam ketika wasit menunjuk titik putih setelah Rizdjar Nurviat Subagia melakukan tekel kepada pemain Vietnam di kotak terlarang.

Dari tayangan ulang, sebenarnya pemain Vietnam U-16 menjatuhkan diri (diving) di dalam kotak penalti ketika tengah berebut bola. Tapi wasit tetap menunjuk titik putih dan Nguyen Cong Phuong, yang menjadi algojo sukses mengeksekusi penalti dengan sempurna.

Bagi Indonesia, ini merupakan kebobolan pertama di Piala AFF U-16 2022. Skor 0-1 untuk keunggulan Vietnam U-16 bertahan hingga paruh pertama usai. Di babak kedua, Bima Sakti melakukan perubahan pemain. Sulthan Zaky Pramana Putra Razak masuk menggantikan Mokh Hanif Ramadhan. Masuknya Sultan membuat permainan Garuda Asia berubah.

Baca Juga: Vietnam U-16 Belum Tentu Lolos, Ini Daftar Tim yang Tersingkir dari Piala AFF U-16 2022

Hasilnya, pada menit 51, ribuan pendukung Timnas Indonesia bergemuruh. Berawal dari penetrasi yang dilakukan Muhamamd Narendra Tegar Islami ke jantung pertahanan lawan, Tegar lantas mengirimkan umpan lambung yang langsung disambut Arkhan dengan sundulan. Skor pun berubah menjadi 1-1. Selang empat menit kemudian, Garuda Asia makin terbang tinggi setelah tendangan Muhammad Nabil Asyura tak mampu diantisipasi kiper Vietnam U-16. Timnas Indonesia U-16 berbalik unggul 2-1.

Jual beli serangan terus terjadi di sisa waktu pertandingan, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 2-1 untuk kemenangan Garuda Asia tak berubah. Dengan demikian, Timnas Indonesia U-16 berhasil lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 dengan status juara Grup A. Pasukan Bima Sakti mengumpulkan poin sempurna (9) dari tiga pertandingan yang telah dimainkannya.
(aww)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1744 seconds (11.252#12.26)