Prediksi Guardiola: Haaland Top Skor Sepanjang Masa di Dunia

Minggu, 14 Agustus 2022 - 08:00 WIB
loading...
Prediksi Guardiola: Haaland Top Skor Sepanjang Masa di Dunia
Prediksi Guardiola: Haaland Top Skor Sepanjang Masa di Dunia. Foto: IST
A A A
MANCHESTER - Pelatih Manchester City , Joseph (Pep) Guardiola, menyebut Erling Haaland sudah menjadi salah satu striker terhebat di usianya saat ini. Bahkan, Guardiola yakin Haaland bakal menjadi top skor sepanjang masa di dunia.

Haaland berhasil membukukan dua gol dalam laga debutnya di Liga Inggris 2022/2023 untuk membawa The Citizens menang 2-0 atas West Ham United. Dwi gol tersebut menjadi jawaban atas keraguan yang disematkan padanya usai menjadi olok-olok di media sosial sepekan sebelumnya karena gagal mencetak gol ke gawang Liverpool dari jarak dekat di ajang Community Shield 2022.

Baca Juga: Gabung Chelsea, Raheem Sterling Penasaran Rasanya Trofi Liga Champions

Guardiola pun berkata usai mendapat tekanan besar selepas laga kontra The Reds –julukan Liverpool, striker berusia 22 tahun itu tetap tenang dan fokus menjalani latihannya. Hasilnya, dia mampu membungkam kritik yang diberikannya dengan dua gol debutnya di liga domestik.

Melihat ketajaman Haaland, juru taktik asal Spanyol itu pun tak ragu menyebutnya sebagai ujung tombak terbaik di usianya yang masih sangat muda. Oleh karena itu, dia yakin suatu saat nanti Haaland bakal menjelma menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di dunia.

"Dia (Haaland, red) adalah striker top, jika Anda memasukkan nama-nama striker terbesar pada usianya, berapa banyak pertandingan yang dia miliki dan gol yang dia cetak, dia yang terhebat," kata Guardiola dilansir dari Manchester Evening News, Sabtu (13/5/2022).

“Anda lihat berapa banyak pertandingan yang dia mainkan di Salzburg sampai di sini. Berapa banyak gol? Dan dia masih di usia muda. Besok akan menjadi tantangan baru dan dia berusia 21, 22 dengan karir panjang di depannya dan dia memiliki keinginan untuk menjadi yang terbaik, lebih baik, dia akan terus meningkat,” imbuhnya.

“Saya akan mendorong dia untuk menjadi pemain yang lebih baik, finisher yang lebih baik dan dia harus berpikir hari ini saya akan lebih baik dari kemarin, mencoba untuk berlatih hari ini lebih baik dari kemarin. Ketika itu terjadi, dia memiliki keterampilan untuk menjadi salah satu pencetak gol terbanyak terbaik sepanjang masa,” tuturnya.

Faktanya statistik gol Haaland memang sangat menakjubkan di usianya yang baru 22 tahun. Saat berseragam Molde FK di usia 17 tahun selama dua musim, dia mampu membukukan 20 gol dari 50 laga.

Kemudian, saat pindah ke RB Salzburg pada Januari 2019 lalu, striker asal Norwegia itu semakin menggila. Dia sukses mencatatkan 29 gol dari 27 pertandingan di semua kompetisi untuk klub Liga Austria itu.

Kehebatannya pun berlanjut ketika hijrah ke Borussia Dortmund semusim setelahnya. Dia menjebol gawang lawan sebanyak 86 kali dari 89 pertandingan dan turut menyumbang 23 assist.

Torehan golnya di Timnas Norwegia pun tak kalah mentereng. Sejak melakukan debut pada September 2019 lalu di usianya yang baru 19 tahun, Haaland hingga kini sudah mencetak 20 gol dari 21 pertandingan.

Melihat statistik luar biasa tersebut, maka tak heran jika pelatih sekelas Guardiola memujinya habis-habisan. Ucapan eks Barcelona itu mungkin suatu saat benar-benar terjadi di mana Haaland bakal melewati rekor top skor sepanjang masa di dunia yang saat ini dipegang oleh mega bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, dengan koleksi 815 golnya dalam 1.120 pertandingan.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1502 seconds (10.55#12.26)