Inilah Prestasi Timnas Indonesia di Level AFF, Garuda Asia Keren!

Minggu, 14 Agustus 2022 - 21:35 WIB
loading...
Inilah Prestasi Timnas Indonesia di Level AFF, Garuda Asia Keren!
Inilah Prestasi Timnas Indonesia di Level AFF, Garuda Asia Keren!/PSSI
A A A
Inilah prestasi Timnas Indonesia di level AFF dari senior, U-23, U-19, dan U-16 di sepanjang tahun 2022 harus mendapat apresiasi khusus. Dari empat level Timnas Indonesia, para pemain U-16 pantas diacungi jempol setelah menjadi juara Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-16 yang dilatih Bima Sakti mampu mempersembahkan kado HUT ke-77 kemerdekaan RI. Di final Piala AFF U-16 yang berakhir Jumat (12/8/2022), Iqbal Gwijangge dkk membungkam Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.



Lantas, bagaimana prestasi Timnas Indonesia lainnya? Bila merunut ke belakang, prestasi Timnas Indonesia belum mampu sampai ke tangga juara. Timnas Indonesia senior hanya menjadi runner-up Piala AFF 2020 setelah dikalahkan Thailand di final.

Sedangkan di level U-22, skuad Garuda batal tampil di Piala AFF U-22 sehingga gagal memamerkan skillnya. Di level U-19, Timnas Indonesia hanya mampu bertahan di penyisihan grup.

Timnas Indonesia U-19 secara menyakitkan tersingkir dari penyisihan Grup A hanya karena kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand. Padahal, Timnas Indonesia sama-sama memiliki nilai 11 dengan Vietnam dan Thailand.

Namun, akibat permainan tidak fair Vietnam dan Thailand yang main-main saat pertandingan berakhir 1-1, Timnas Indonesia gagal ke semifinal. Timnas Indonesia U-19 tersingkir karena aturan head to head yang diterapkan di Piala AFF U-19 di Bekasi, Jawa Barat.



Dan, kabar gembira itu datang dari Yogyakarta menjelang Kemerdekaan ke-77 RI. Ada angin segar yang berembus setelah Timnas Indonesia U-16 mencatat sejarah. Untuk kedua kali, Timnas indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 di Sleman dan Bantul, Yogyakarta.

Timnas Indonesia yang mayoritas bermaterikan pemain lokal terbaik dan jajaran pelatih yang merupakan mantan pemain nasional mampu menorehkan prestasi emas. Tim asuhan Bima Sakti menjadi juara Piala AFF U-16 untuk kali kedua.

Dalam laga final, Garuda Asia mampu mengepakkan sayaonya hingga ke tangga juara dengan menumpas Vietnam 1-0 di final. SSebelumnya, Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 2018 saat dilatih Fakhri Husaini.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)