3 Pelatih Lokal Hebat yang Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 06:15 WIB
loading...
3 Pelatih Lokal Hebat yang Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF
3 Pelatih Lokal Hebat yang Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF/PSSI
A A A
Inilah tiga pelatih lokal hebat yang membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF di level junior U-16 hingga U-22. Nama tiga pelatih lokal Indra Sjafri, Fakhri Husaini, dan Bima Sakti mengharumkan nama Indonesia dengan menjuarai Piala AFF .

Hebatnya, ketiga pelatih tersebut kebanggaan lokal alias local pride yang membawa Timnas Indonesia menjadi raja sepak bola Asia Tenggara di level junior. Dari ketiga pelatih lokal tersebut, Indra Sjafri dua kali membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-19 dan U-22.



Indra Sjafri pertama kali memabwa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-19 edisi 2013 yang berlangsung di Sidoarjo, Jawa Timur. Ketika itu Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas menaklukkan Vietnam melalui adu penalti di final.

Indra Sjafri kembali membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-22 edisi 2019 juga menaklukkan Thailand dengan skor 2-1 di final. Ini gelar pertama Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF U-22.

Fakhri Husaini mencatatkan namanya dalam sejarah setelah mengantarkan Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 edisi 2018. Dalam laga final, Timnas Indonesia U-16 menaklukkan Vietnam melalui adu penalti.

Yang paling gres adalah sentuhan Bima Sakti Tukiman yang menjadikan Timnas Indonesia U-16 raja Piala AFF U-16 edisi 2022. Bima Sakti membuktikan ramuannya saat membawa Timnas Indonesia U-16 menaklukkan Vietnam dengan skor 1-0 di final pada 12 Agustus 2022.

Sayang, di level senior, Timnas Indonesia belum sekalipun juara baik saat dilatih pelatih lokal maupun asing. Prestasi terbaik Timnas Indonesia senior enam kali menjadi runner-up.

Terakhir, pelatih asing Shin Tae-yong juga hanya membawa Timnas Indonesia senior finis menjadi runner-up Piala AFF 2020. Shin Tae-yong juga hanya mampu membawa Timnas Indonesia meraih perunggu di SEA Games 2021.



Tantangan terbesar pelatih lokal maupun asing saat ini adalah memecah telur di Timnas Indonesia senior untuk menjadi juara Piala AFF. Nah, tantangan itu menjadi ujian bagi Shin Tae-yong menjelang Piala AFF 2022.

Mampukah tangan dingin Shin Tae-yong menghapus kutukan runner-up dengan menjadikan Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022? Menarik ditunggu magis dari Shin Tae-yong.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)