Wakil Indonesia Tersukses di Kejuaraan Dunia BWF, Salah Satunya Si Anak Ajaib

Rabu, 24 Agustus 2022 - 19:28 WIB
loading...
Wakil Indonesia Tersukses di Kejuaraan Dunia BWF, Salah Satunya Si Anak Ajaib
Wakil Indonesia Tersukses di Kejuaraan Dunia BWF, Salah Satunya Si Anak Ajaib. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Wakil Indonesia tersukses di Kejuaraan Dunia BWF ada di artikel ini. Salah satunya legenda bulu tangkis Indonesia berjuluk Si Anak Ajaib.

Kejuaraan Dunia BWF kembali digelar di Tokyo pada 22 hinga 28 Agustus 2022. Para atlet dari berbagai negara berkompetisi memperebutkan gelar kemenanangan pada ajang tahunan ini.



Indonesia sendiri mengirimkan 15 wakil untuk bertanding di ajang Kejuaraan Dunia BWF 2022, mulai dari ganda putra kebanggaan Indonesia Marcus Gideon/Kevin Sanjaya hingga tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Di samping itu, Indonesia telah merintis perjalanan panjang dalam dunia bulu tangkis. Banyak kemenangan yang telah dicetak oleh para atlet Tanah Air. Siapa saja mereka?

1. Susi Susanti
Wakil Indonesia Tersukses di Kejuaraan Dunia BWF, Salah Satunya Si Anak Ajaib

Nama legenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Prestasinya dalam Olimpiade Barcelona di tahun 1992 berhasil melejitkan namanya. Sesuai julukannya, Susi sudah menoreh prestasi di bidang bulu tangkis sejak ia masih muda.

Susi telah meraih Kejuaraan Dunia tingkat Junior sebanyak lima kali, di mana kemenangan pertamanya saat dia berumur 14 tahun, dari sektor ajang tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Prestasi itu berlanjut di tahun 1987, tepatnya saat ia berumur 16 tahun yang mana ia kembali meraih gelar juara dalam nomor tunggal putri dan ganda putri.

Tidak berhenti sampai di situ, Susi Susanti kembali menyabet gelar juara dunia pada 1993 di Birmingham dan mendapat medali perunggu pada Kejuaraan Dunia 1991 dan 1995.

2. Verawaty Fajrin
Wakil Indonesia Tersukses di Kejuaraan Dunia BWF, Salah Satunya Si Anak Ajaib

Mungkin nama Verawaty Fajrin tidak sepopuler Susi Susanti, padahal prestasinya untuk Indonesia amat gemilang. Sebelum Susi Susanti, Verawaty telah menjadi juara dunia. Verawaty merupakan juara dunia putri pertama dari Indonesia pada tahun 1980. Verawaty menjadi legenda yang telah memenangkan berbagai kompetensi, baik sebagai tunggal putri, ganda putri, atau ganda campuran.

Dalam ajang yang diselenggarakan BWF, dia pernah menjuarai Sudirman Cup pada 1989. Selain itu, Verawaty juga kembali menjadi juara di Kejuaraan Dunia pada ganda campuran bersama Eddy Hartono pada tahun 1986 dan 1989.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)