Ada Sentuhan Midas Rexy Mainaky di Balik Sukses Aaron Chia/Soh Wooi Yik Juara Dunia

Minggu, 28 Agustus 2022 - 19:14 WIB
loading...
Ada Sentuhan Midas Rexy Mainaky di Balik Sukses Aaron Chia/Soh Wooi Yik Juara Dunia
Ada sentuhan emas legenda bulu tangkis Indonesia Rexy Mainaky di balik sukses Aaron Chia/Soh Wooi Yik menjuarai Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022/Foto/INA_Badminton
A A A
TOKYO - Ada sentuhan emas legenda bulu tangkis Indonesia Rexy Mainaky di balik sukses Aaron Chia/Soh Wooi Yik menjuarai Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Kesabaran Rexy dan insting melihat bakat Aaron Chia/Soh Wooi Yik, membuat pasangan nomor 1 Malaysia itu menjadi pebulu tangkis pertama Negeri Jiran menjuarai kejuaraan dunia.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik mengalahkan wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada final di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Minggu (28/8/2022). Aaron/Soh menang dalam dua gim langsung 21-14 dan 21-19.



Semula, publik Malaysia meragukan pasangan nomor 6 dunia itu bisa berprestasi lebih jauh. Sebab, selama hampir 5 tahun duo itu dipasangkan, mereka belum mendapatkan gelar di turnamen level BWF World Tour.

Namun, kejelian Rexy Mainaky yang kini menjabat Direktur Kepelatihan Federasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) sektor ganda, menjawab keraguan itu. Berkat pengalamannya dan kualitas yang dimiliki Rexy Mainaky mampu membuat Aaron Chia/Soh Wooi Yik percaya diri dan terus berprestasi.



Kemenangan Aaron/Soh sekaligus menjadi kemenangan bersejarah bagi Malaysia. Bagaimana tidak? Aaron/Soh menjadi pemain pertama asal Negeri Jiran yang berhasil keluar sebagai juara selama keikutsertaan Malaysia di ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis.

Keluarnya Aaron/Soh sebagai juara bisa menjadi suatu sinyal kalau bulutangkis Malaysia telah berkembang pesat. Pasalnya, selama keikutsertaan Malaysia di ajang tersebut, para pemain mereka di semua sektor hanya mampu keluar sebagai runner up.

Seperti di sektor tunggal putra, Lee Chong Wei yang merupakan pemain andalan Malaysia kala itu. Namun dia sama sekali tidak pernah berhasil menyabet gelar juara. Dia selalu harus puas meraih runner up karena kalah saing dengan pemain China seperti Lin Dan dan Chen Long.

Kemudian di sektor ganda putra. Di mana wakil Malaysia juga selalu kalah saing dengan wakil Indonesia dan China. Contohnya pada edisi 2010 yang berlangsung di Paris. Kala itu, wakil mereka yakni Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, hanya mampu menjadi runner-up setelah kalah dari wakil China, Cai Yun/Fu Haifeng.

Kemudian pada edisi 2021 lalu, wakil Malaysia yaitu Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, hanya mampu meraih perunggu. Namun pada edisi kali ini, secara mengejutkan wakil dari Negeri Jiran sukses menciptakan sejarah.

Namun di balik kesuksesan Aaron/Soh, ada tangan dingin dari legenda bulutangkis Indonesia yaitu Rexy Mainaky. Rexy merupakan pelatih dari Aaron/Soh, dan jelas dia memiliki andil besar atas pencapaian sejarah bulu tangkis Malaysia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022.

Sentuhan Midas Rexy Mainaky, juga tak hanya pada Aaron/Soh. Sebelumnya, Rexy membawa duet Malaysia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong mendominasi ganda putra dunia pada 2005. Koo/Tan bahkan pernah menduduki peringkat pertama dunia. Koo/Tan meraih emas di Asian Games Doha 2006, juga All England 2007.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0600 seconds (0.1#10.140)