Race Seri 2 Batal, Yamaha Sunday Race Diminta Digelar di Mandalika

Minggu, 28 Agustus 2022 - 21:01 WIB
loading...
Race Seri 2 Batal, Yamaha Sunday Race Diminta Digelar di Mandalika
Juara kelas Superstock Up to 1000 cc, Eric Saputra, berharap event YRC 2022 seri 2 dipindah ke Sirkuit Mandalika/Foto/Sindonews/Quadiliba Al-farabi
A A A
BOGOR - Balapan Yamaha Sunday Race (YRC) 2022 seri 2 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor batal digelar. Juara kelas Superstock Up to 1000 cc, Eric Saputra, berharap event tersebut dipindah ke Sirkuit Mandalika .

Eric yang mewakili tim Cargloss Racetech RRS terpilih menjadi juara berdasarkan hasil kualifikasi ajang yang digelar Minggu (28/8/2022). Menurutnya keputusan penyelenggara membatalkan sesi balapan di kelas Superstock Up to 1000 terbilang tepat.



Sebab, ketika balapan ingin dijalankan, hujan deras mulai mengguyur Sirkuit Sentul. Sementara sejumlah motor yang akan beraksi di kelas Superstock Up to 1000 tidak siap dengan kondisi tersebut.

“Saya lihat sudah mulai mendung, saya minta ke race direktor boleh tidak ganti ban hujan, dan boleh. Kita dikasih waktu 15 menit untuk setting lap, memungkinkan ga dilakukan race? Saya bilang kalau dengan ban hujan itu, oke (balapan),” kata Eric saat ditemui tim Sindonews di lokasi.



“Ternyata ketika warm up, ternyata di tikungan 2,3,4 sampai S kecil, itu hujan makin deras lagi. Beberapa motor dari temen-temen lain tak punya ban basah,” lanjutnya

“Makanya keputusan race director cancel balapan itu tepat. Karena untuk motor up to 1000 cc tanpa ban hujan di kondisi seperti itu bahaya banget,” tandasnya.

Selain itu, kemungkinan bahaya itu semakin besar mengingat kondisi trek sirkuit Sentul yang kurang memadai. Eric pun berharap ada renovasi menyeluruh sirkuit yang diresmikan pada 1993 ini.

Namun, Eric menyadari perombakan total di sirkuit ini membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, agar kompetisi balap nasional tetap terselenggara, bisa memilih opsi di sirkuit lain termasuk Mandalika.

“Itu (balapan di Mandalika) bakal jadi terobosan baru ya, karena belum ada event balap nasional yang ada di Mandalika. Tapi mungkin kekurangannya tidak semua tim bisa punya akomodasi ke sana, mungkin dari pihak Yamaha Indonesia bisa mengakomodasi itu,” lanjutnya.

Seperti diketahui, ajang balap yang melibatkan komunitas dan para pembalap profesional di Tanah Air ini sudah melangsungkan dua seri tahun ini. Seri ke-3 akan kembali diselenggarakan pada September mendatang.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)