Atlet Para Bulu Tangkis Mancanegara Nikmati Wisata Ikonik di Kota Gudeg

Senin, 29 Agustus 2022 - 03:00 WIB
loading...
Atlet Para Bulu Tangkis Mancanegara Nikmati Wisata Ikonik di Kota Gudeg
Setelah berjuang memperebutkan gelar juara di turnamen FOXS Indonesia Para Badminton International (FIPBI) 2022, para atlet dari 10 negara mengikuti city tour. Foto: Twitter
A A A
YOGYAKARTA - Setelah berjuang memperebutkan gelar juara di turnamen FOX'S Indonesia Para Badminton International (FIPBI) 2022, para atlet dari 10 negara mengikuti city tour. Mereka mengunjungi sejumlah tempat ikonik di Kota Gudeg, Minggu (28/8/2022).



Perjalanan pertama, para atlet berkeliling di kompleks Candi Prambanan. Mereka berdecak kagum dengan keindahan candi yang dibangun pada abad ke-9

Momen ini diabadikan dengan melakukan swafoto maupun foto bersama. Hal serupa juga dilakukan oleh para wasit asal luar negeri serta ofisial dari Federasi bulutangkis dunia.

Setelah puas menjelajahi candi selama kurang lebih dua jam, mereka santap siang di Ramayana Resto yang masih berlokasi di kawasan yang sama.

Mereka menikmati ragam menu di restoran bernuansa Jawa Tengah yang menyajikan menu tradisional tersebut, seperti mi goreng, soto, tahu bacem, tempe mendoan, dan lainnya. Tak sedikit di antara mereka yang merasa ketagihan ketika menyantap sate ayam.

Usai memanjakan lidah dengan sajian khas Nusantara, seluruh atlet melanjutkan perjalanan ke tempat ikonik lainnya, yakni Malioboro untuk berburu oleh-oleh.

Meski nampak sedikit kebingungan memilih buah tangan yang tepat untuk dibawa ke negarany. Sebagian besar dari mereka akhirya memutuskan untuk membeli baju, tas, gantungan kunci, hingga beragam jenis bakpia

Bagi salah satu atlet asal Australia, Grant Manzoney, yang turun di nomor tunggal putra WH 2, ganda putra dan ganda campuran WH 1 - WH 2, berpartisipasi dalam turnamen dan mengikuti rangkaian city tour menjadi momen berharga untuknya.

Pada kunjungan perdananya ke Indonesia, Manzoney mengaku sangat terkesan dengan keramahan masyarakat maupun keindahan alam Indonesia.

"FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 mungkin turnamen terbaik di antara turnamen-turnamen yang pernah saya ikuti," ujar Manzoney.

"Dalam perjalanan karier saya di para badminton, saya banyak berkunjung ke berbagai kota di dunia. Namun, turnamen ini menurut saya adalah pengalaman yang menarik, banyak hal baru yang saya dapatkan," lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Hector Jesus Salva Tunque. Dia cukup terkejut melihat megahnya Candi Prambanan di pagi hari libur tersebut.

"Ini candi yang indah sekali. Selain foto-foto dan video, saya juga mendapatkan penjelasan yang membuat saya cukup penasaran dengan kultur dan budaya Indonesia," jelasnya.

Saya berharap dapat kembali lagi bermain atau bahkan berlibur di Indonesia. Yang pasti, saya akan ke Solo untuk berlatih bulutangkis dengan para atlet Indonesia," sambung atlet asal Peru itu.

Manager Para Badminton Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Syahmi Sabron menilai, ajang Indonesia Para Badminton International 2022 berjalan baik dan lancar, bahkan melebihi standar yang telah ditetapkan BWF.

"Turnamen ini boleh dijadikan contoh untuk pelaksanaan turnamen para badminton lainnya. Bagi saya Indonesia seperti rumah untuk olahraga badminton," ujarnya

Dengan adanya city tour saya rasa juga sangat bagus agar atlet bisa mengetahui tempat ikonik di Yogyakarta. Atlet bukan hanya datang untuk bertanding saja, tapi bisa merasakan suasana yang berbeda di tempat-tempat yang mereka kunjungi," jelas Syahmi.

Indonesia Para Badminton International 2022 diselenggarakan selama lima hari mulai 23 hingga 27 Agustus 2022 di GOR Among Rogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.



Turnamen Grade 2 Level 3 dalam kalender federasi bulutangkis dunia (BWF) ini diikuti oleh 69 atlet dari 10 negara. Skuad “Merah Putih” berhasil mempersembahkan 17 gelar juara dari 18 kategori yang dipertandingkan.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)