Preview PSM Vs Persib: Duel Lini Tengah Pluim Vs Klok

Senin, 29 Agustus 2022 - 08:02 WIB
loading...
Preview PSM Vs Persib: Duel Lini Tengah Pluim Vs Klok
PSM akan menjamu Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 pekan 7 di Stadion BJ Habibie Parepare pada Senin (29/8/2022) malam ini. Foto/Dok
A A A
MAKASSAR - PSM akan menjamu Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 pekan 7 di Stadion BJ Habibie Parepare pada Senin (29/8/2022) malam ini. Duel kedua tim diprediksi berjalan seru.

Baik PSM dan Persib sama-sama mengincar poin penuh. Juku Eja bertekad melanjutkan tren positifnya, sekaligus mempertahankan catatan satu-satunya tim yang belum terkalahkan sejauh ini.

Sementara Persib mengusung misi kembali ke jalur kemenangan. Sekaligus untuk mendongkrak posisi yang saat ini membuat mereka masih berkutat di papan bawah klasemen.



Pelatih PSM, Bernardo Tavares meski begitu tetap menghormati Persib. Menurutnya, kedatangan Luis Milla sebagai juru taktik anyar Maung Bandung patut diwaspadai.

“Kita akan menghadapi tim kuat Persib dengan pemain bagus, berkualitas dan mereka baru saja mengganti pelatih. Mereka membawa pelatih yang berkualitas, yang sebelumnya menukangi Timnas. Tentu saja ia (Luis Milla) membawa energi positif ke tim ini,” kata Bernardo dalam sesi konferensi pers jelang laga pada Ahad (28/8/2022) kemarin.

Terlepas dari itu, duel lini tengah kedua tim menjadi sorotan di laga ini. Pertarungan Wiljan Pluim sebagai playmaker PSM dengan Marc Klok selaku gelandang box to box Persib, sangat dinantikan.

Apalagi keduanya memiliki ikatan emosional. Selain sama-sama dari Belanda, Pluim dan Klok juga pernah satu tim di PSM sejak 2017 sampai 2019. Tak hanya itu, kedua pemain ini juga sering kumpul bersama saat jeda kompetisi.

Pluim baru dimainkan 4 dari 5 laga yang dimainkan PSM. Ia pernah sekali absen. Namun pemain Belanda itu sudah mencetak 2 gol untuk Juku Eja.



Sementara Klok selalu diturunkan pada 6 pertandingan dan main 90 menit. Namun Persib baru menang 2 laga, sekali imbang dan 3 kekalahan.

"Dia (Klok) merupakan pemain yang bagus. Sama seperti Rizky Pellu yang ada di Bali United. Akan tetapi, bukan hanya dia yang akan kami lawan melainkan Persib secara keseluruhan yang merupakan tim dengan materi pemain berkualitas," ucapnya.

Bernardo menilai, Klok dan para pemain Persib tentu memiliki motivasi berlipat di laga ini. Luis Milla yang untuk pertama kalinya mendampingi tim, akan menjadi pelecut Klok dkk untuk memberikan permainan terbaiknya.

“Motivasi mereka pasti sangat tinggi, terutama para pemain Persib. Mereka tentu mempunyai alasan yang kuat untuk menunjukkan perfoma kepada pelatih mereka yang baru,” ujarnya.

Juru taktik asal Portugal ini mengakui, anak asuhnya sejatinya masih dalam kondisi kelelahan. Usai menjalani pertandingan Liga 1 dan AFC Cup dengan jadwal yang padat.

“Namun kalau memang mau jadi tim yang bagus, harus punya mental kuat. Bisa memberikan segalanya, dan para pemain harus memiliki hal itu,” bebernya.

Bernardo sendiri memiliki misi khusus di laga ini. Pelatih berkepala plontos ini ingin menyudahi dominasi Persib sejak musim 2019. Dimana PSM tak pernah menang pada 3 pertemuan terkahir.

“Besok kita mempunyai kesempatan menorehkan sejarah ini. Terakhir kali PSM menang lawan Persib 2019, dan itu sudah 2 tahun lalu. Ini memang bukan laga yang mudah, tapi kita akan memberikan motivasi yang tinggi,” tandasnya.

Soal permainan Persib malam ini, Bernardo mengaku buta kekuatan. Apalagi Maung Bandung untuk pertama kalinya akan didampingi Luis Milla di pinggir lapangan.

"Sayangnya, ketika menganalisa mereka kami tidak tahu apa yang akan mereka lakukan. Sistem apa yang mereka mainkan karena ini menjadi pertandingan pertama Luis Milla," terangnya.



Sementara itu, Persib bakal menjadikan laga ini sebagai momentum kebangkitan. Maung Bandung bertekad mencuri poin di kandang baru PSM ini.

"Kami ke sini tentunya ingin mengambil sesuatu (3 poin). Kami siap memberikan yang terbaik untuk Persib Bandung," ucap Asisten Pelatih Persib, Budiman dalam sesi konferensi pers, kemarin.

Peran Pluim di lini tengah tak bisa ditampik Budiman. Ia tak mengelak bakal mewaspadai gerakan kapten PSM itu selama pertandingan.

"PSM punya gelandang bagus Pluim. Dan ada juga pemain kunci lokal yang harus diwaspadai. Kita tahu PSM adalah tim yang cukup solid bagus secara individu dan secara tim," sebutnya.

Duel PSM versus Persib akan dihelat pukul 21.00 WITA. Jadwal ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Parepare. Bagi Budiman, anak asuhnya tak masalah.

"Kami juga sudah beberapa kali main away dengan jadwal seperti ini, jadi tidak ada masalah. Yang penting anak-anak fight dan bisa merebut tiga poin," kuncinya.

PSM saat ini duduk di posisi 5 dengan koleksi 13 poin dari 5 kali penampilannya. Sementara Persib bertengger di peringkat 13 dengan perolehan 7 poin.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)