Piala AFF 2022 Enggak Masuk Kalender FIFA, Bagaimana Nasib Pemain Timnas Indonesia di Luar Negeri?

Rabu, 31 Agustus 2022 - 03:02 WIB
loading...
Piala AFF 2022 Enggak Masuk Kalender FIFA, Bagaimana Nasib Pemain Timnas Indonesia di Luar Negeri?
Piala AFF 2022 diketahui tidak masuk kalender FIFA. Lantas bagaimana nasib pemain Timnas Indonesia yang merumput di luar negeri, apakah mereka bisa membela Skuad Garuda ? / Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Piala AFF 2022 diketahui tidak masuk kalender FIFA. Lantas bagaimana nasib pemain Timnas Indonesia yang merumput di luar negeri, apakah mereka bisa membela Skuad Garuda?

Perlu diketahui bahwa Piala AFF tidak termasuk ke dalam kalender FIFA, sehingga klub-klub luar negeri tidak wajib melepas para pemain andalannya ke Timnas. Dikhawatirkan Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri tidak dilepas oleh klub asalnya.

Kekhawatiran itulah yang terus menggelayuti pikiran penggemar sepak bola ketika Timnas Indonesia tengah bersiap menghadapi Piala AFF 2022 yang berlangsung pada Desember 2022 hingga Januari 2023 mendatang. Namun begitu, PSSI melalui Ketua Umum (Ketum) Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong tim-tim luar negeri untuk melepas pemainnya untuk membela Timnas Indonesia di ajang tersebut, terutama trio pemain keturunan.

BACA JUGA: Hasil Undian Piala AFF 2022: Indonesia Satu Grup dengan Thailand

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu tidak ingin kasus Egy Maulana Vikri di edisi sebelumnya terulang kembali. Karena itu, PSSI berjanji akan membujuk klub luar negeri agar mau melepas pemain Timnas Indonesia.

Ketum PSSI meyakini klub-klub luar negeri mau mendengarkan bujukan PSSI. Iriawan kemudian mencontohkan kasus Saddil Ramdani ketika dilepas Sabah FC untuk berlaga di SEA Games 2021.

Melihat pengalaman itu, Iriawan pun optimistis klub luar negeri secara sukarela akan melepaskan pemain andalannya. "Saya tentunya akan jajaki (klub luar negeri) dari jauh-jauh hari, mereka hrs betul-betul, apabila ada agenda Timnas mereka harus fokus," kata Iriawan kepada awak media di Senayan, Selasa (30/8/2022).

BACA JUGA: Pelatih Thailand Jiper Satu Grup dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

"Kita memang kesulitan di sana karena AFF bukan agenda FIFA tapi kita harus komunikasi, buktinya waktu Saddil kan bisa," sambungnya.

Jelang Piala AFF 2022, kekuatan Timnas Indonesia bertambah menyusul proses naturalisasi yang telah disetujui. Mereka adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh. Namun kedua pemain tersebut berkarier di luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)