Bina Talenta Muda, Jokowi Luncurkan Papua Football Academy

Rabu, 31 Agustus 2022 - 07:31 WIB
loading...
Bina Talenta Muda, Jokowi Luncurkan Papua Football Academy
Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Papua Football Academy (PFA di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/8/2022). Foto: Raka Dwi Novianto/MPI
A A A
TIMIKA - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Papua Football Academy (PFA). Seremoninya berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/8/2022) pagi ini.

Baca Juga: Hasil AS Roma vs Monza: Dybala Cetak Brace, Serigala Ibu Kota Berpesta

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi ini saya luncurkan Papua Football Academy di tanah Papua," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (31/8/2022).

Jokowi menceritakan pembangunan PFA tersebut didasari pada saat pembukaan pekan olahraga nasional (PON) XX di Papua pada 2021.

Saat itu dia meminta kepada Direktur Utama PT Freeport Tony Wenas untuk berkomitmen membangun sumber daya manusia (SDM) di Papua.

"Bulan November tahun yabg lalu, setelah pembukaan PON saya undang Dirut PT Freeport Pak Tomny Wenas untuk datang ke hotel. Saat itu saya sampaikan, Pak Dirut, saya minta komitmen PT Freeport untuk pembangunan SDM di Tanah Papua," kata Jokowi.

"Dan saya minta agar fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON ini bisa terawat dengan baik. Dan saya minta dibangun di Papua akademi sepak bola, dan hari ini sudah terwujud yang namanya Papua Football Academinya," imbuhnya.

Jokowi meyakini PFA akan melahirkan talenta-talenta berbakat seperti para pemain sepak bola lainnya yang berasal dari Papua. Salah satunya Rully Nere yang menjadi pelatih di PFA tersebut.

"Dulu kalau Pak Rully ini main, ga laki ga perempuan, semuanya ngefans semuanya, termasuk Bu Jokowi ini seneng sama Pak Rully Nere," kata Jokowi.

Jokowi juga menyebut nama-nama pemain asal Papua lainnya yang bisa menjadi panutan anak-anak di PFA. Diantaranya Aples Tecuari, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Elie Aiboy, Ramai Rumakiek dan Ricky Kambuaya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1097 seconds (10.177#12.26)