Jelang Piala Dunia 2022, Timnas Belanda Galang Dukungan Suporter dari Indonesia

Kamis, 01 September 2022 - 22:00 WIB
loading...
Jelang Piala Dunia 2022, Timnas Belanda Galang Dukungan Suporter dari Indonesia
Jelang Piala Dunia 2022, Timnas Belanda Galang Dukungan Suporter dari Indonesia. Foto: SINDOnews
A A A
JAKARTA - Piala Dunia 2022 di Qatar hanya tinggal menghitung hari. Berbagai cara dilakukan timnas kontestan untuk menggalang dukungan, salah satunya Timnas Belanda dengan merangkul fans sepak bola dari Indonesia.

Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) sangat berambisi atas kembalinya timnas Belanda tampil di Piala Dunia 2022 . Mereka sampai menggelar acara nonton bareng di Indonesia bersama sejumlah legenda yang pernah memperkuat tim berjuluk Oranje tersebut.

Baca Juga: Pemain Bintang Keturunan Indonesia yang Pilih Timnas Negara Lain

Seperti diketahui, Timnas Belanda absen di Piala Dunia 2018 setelah gagal melewati babak kualifikasi zona Eropa. Ketika itu, mereka hanya menempati posisi ketiga di klasemen Grup A, di bawah Prancis dan Swedia. Karenanya bisa kembali ke pentas sepak bola internasional tertinggi tersebut membuat Der Oranje sangat antusias.

Tahun ini Belanda akan ditangani oleh Louis van Gaal. Itu merupakan untuk ketiga kalinya sang pelatih menangani Oranje setelah sebelumnya pada 2000 - 2001, dan 2012 - 2014. Jelas, harapan Belanda meraih sukses di Piala Dunia yang berlangsung di Qatar, 20 November – 18 Desember 2022 mendatang, sangat dinantikan.

Tak hanya Oranje fans di Belanda yang antusias mendukung tim, namun para Oranje fans di Indonesia pun siap mendukungnya. Sekretaris Jenderal KNVB, Gijs de Jong mengaku kagum dengan antusiasme suporter sepak bola yang mendukung timnas Belanda di Indonesia.

“Kami pernah melihat video penggemar di Indonesia konvoi di jalan mengendarai motor skuter memakai atribut oranye setelah Tim Oranje memenangkan pertandingan. Selain itu, data juga menunjukkan ada lebih dari 12 juta Oranje fans di Indonesia. Ini benar-benar luar biasa dan sesuatu yang ingin kami rangkul," kata De Jong.

Untuk memeriahkannya, KNVB akan menggelar Festival Oranje Indonesia. Festival ini akan berlangsung pada hari pertandingan kedua timnas Belanda di Piala Dunia, yakni saat melawan Ekuador, 25 November 2022 di area Stadion GBK. Tidak hanya tontonan umum tetapi juga akan dimeriahkan dengan live music dengan musisi lokal, tarian tradisional, festival kuliner dan tentunya talk show dengan legenda timnas Belanda.

Nantinya juga ada artis, presenter, pembawa acara olahraga, dan influencer ternama Indonesia. KNVB telah bertemu dengan beberapa dari mereka dan dengan bangga mengumumkan duta Oranje Indonesia, seperti Vincent Rompies, Valentino ‘Jebreeet’ Simanjuntak, Rebecca Rejjman, Ona Hetharua dan Marc Klok.

“Kami berterima kasih kepada mereka sebagai duta dari Oranje Indonesia, karena mereka semua memiliki hubungan yang baik dengan Oranje dan Indonesia dengan caranya sendiri," ungkap De Jong.

KNVB tidak hanya fokus dengan Piala Dunia 2022, tetapi juga telah memasukkan Indonesia dalam strategi jangka panjang internasional.

Dalam strategi ini, KNVB ingin memperkuat hubungan positif antara Belanda dan Indonesia. Oleh karena itu, KNVB sudah menjalin hubungan jangka panjang dengan PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan KBRI di Belanda.

Kerja sama itu di antaranya adalah pengembangan sepak bola, program KNVB WorldCoaches di Indonesia, program pertukaran pendidikan sepak bola, hingga pemusatan pelatihan Timnas Indonesia di Belanda.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1144 seconds (10.177#12.26)