4 Pertarungan Tinju dengan Durasi Waktu Terlama, Salah Satunya 110 Ronde!

Sabtu, 03 September 2022 - 03:00 WIB
loading...
4 Pertarungan Tinju dengan Durasi Waktu Terlama, Salah Satunya 110 Ronde!
Dalam pertandingan tinju biasanya ada durasi waktu yang maksimal 12 ronde. Tapi, sebelum aturan itu diberlakukan seperti pada era 1900-an, ada istilah dengan ‘pertandingan maut’, Foto: colterreed.com
A A A
JAKARTA - Pertandingan tinju biasanya ada durasi waktu yang maksimal 12 ronde. Tapi, sebelum aturan itu diberlakukan seperti pada era 1900-an, ada istilah dengan ‘pertandingan maut’,

Baca Juga: 5 Petinju Dunia Paling Sering Kalah, Salah Satunya Sampai 279 Kali Keok

Karena pada periode itu alat yang digunakan untuk pertandingan tinju belum selengkap sekarang, seperti motuh guards, head gear, body protection, dan lainnya. Durasinya juga tidak ditentukan.

Dalam sejarah tinju, ada sejumlah pertandingan yang durasinya sangat lama . Berikut ini pertandingan tinju dengan durasi terlama.

Baca Juga: Bentrok Petinju Ukraina, Daud Yordan Target Menang KO Sebelum Ronde 10

1. Andy Bowen vs Jack Burke
Pertandingan antara Andy Bowen melawan Jack Burke berlangsung di Club Olimpiade New Orleans, Louisiana, AS pada 6 April 1893. Mereka bertarung selama 7 jam 19 menit, dengan mencapai 110 ronde.

Pertandingan ini dinyatakan tidak ada kontes dan diubah skornya menjadi seri. Bowen memenangkan pertarungan 85 ronde pada 31 Mei 1893.

2. Andy Sharpe vs Frank Crosby
Duel Andy Sharpe vs Frank Crosby yang berlangsung di Nameoki, Illinois, AS disebut juga dengan ‘Pertarungan mati-matian’. Sebab, durasinya mencapai 76 ronde. Sebelum pertandingan dinyatakan terhenti, wasit sempat mundur di ronde ke-12 karena pertarungan yang berlangsung sangat lama.

Pertandingan itu berlangsung selama 5 jam, dengan pertarungan yang sangat brutal. Duel ini tercatat sebagai pertarungan sistem gugur terpanjang yang pernah diadakan di bawah aturan tinju modern.

3. Jonathan Smith VS James Kelly
Jonathan smith dan James Kelly merupakan dua imigran. Mereka ikut dalam pertandingan tinju yang akhirnya memakan durasi terlama, yakni selama 6 jam 15 menit. Pertandingan tinju ini dilakukan dengan menggunakan gaya tinju klasik, di tahun 1855 di dekat Ballarat.

4. James J. Corbett VS John L.Sullivan
Corbett dan Sullivan telah menjadi salah satu petinju ikonik untuk menghubungkan tinju masa kini dan masa lampau. Pertarungan tinju antar keduanya berakhir pada ronde 21, dimana 1 ronde itu ada 3 menit.

Di awal permulaan ronde Sullivan sangat agresif, karena ingin segera memulai pertandingan tinju dengan lawan mainnya James J. Corbett.

Dari ronde pertama hingga ronde ke-3, Sullivan kehilangan rasa hormat untuk kemampuan memukulnya. Ketika ronde berakhir, seketika terjadilah kekacauan yang dimana hidung Sullivan patah saat melawan Corbett. (MG/Navizia Louvitrioktavia)
(mirz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1704 seconds (11.97#12.26)