Ratu Elizabeth II dan Kenangan Timnas Inggris Boyong Trofi Piala Dunia 1966

Jum'at, 09 September 2022 - 08:35 WIB
loading...
Ratu Elizabeth II dan Kenangan Timnas Inggris Boyong Trofi Piala Dunia 1966
Ratu Elizabeth II dan Kenangan Timnas Inggris Boyong Trofi Piala Dunia 1966. Foto: IST
A A A
LONDON - Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu Inggris. Sebagai pemimpin tertinggi, kiprah wanita kelahiran London, 21 April 1926, meliputi banyak aspek, tak terkecuali sepak bola.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun, sekaligus memegang status sebagai pemimpin monarki terlama di Inggris yakni selama 70 tahun. Bagi perjalanan sejarah sepak bola Inggris, Ratu Elizabeth II punya tempat tersendiri di sanubari.

Baca Juga: Potret Lawas Ratu Elizabeth II Terima Pak Harto dan Ibu Tien di Istana Buckingham

Pada 1966, Timnas Inggris berhasil merebut trofi Piala Dunia usai mengalahkan Jerman Barat di Stadion Wembley, London. Trofi pertama sekaligus satu-satunya yang dimiliki Inggris sampai hari ini, diserahkan sendiri oleh Ratu Elizabeth II kepada kapten Timnas Inggris, Bobby Moore.

Kala itu Ratu Elizabeth II memasuki tahun ke-13 setelah naik takhta pada 6 Februari 1952. Sejak saat itu pula, hubungan Sang Ratu dan Federasi Sepak Bola Inggris (FA) kian mesra.

Menjelang final Piala Eropa 2020 antara Inggris vs Italia di Stadion Wembley, Ratu Elizabeth II, mengirim pesan emosional untuk membakar semangat para pemain dan suporter. Namun sayang, kala itu Timnas Inggris dipaksa mengakui keunggulan Italia lewat babak adu penalti.

"Lima puluh lima tahun yang lalu saya beruntung mempersembahkan Piala Dunia kepada Bobby Moore dan melihat apa artinya bagi para pemain, manajemen, dan staf pendukung untuk mencapai dan menang. final turnamen sepak bola internasional besar," kata Ratu Elizabeth II sebelum pertandingan.

Menurut catatan Sky Sports, pertandingan pertama yang disaksikan langsung oleh Ratu Elizabeth II adalah final Piala FA 1953 antara Blackpool vs Bolton. Laporan yang sama menyebut, ketika masih berstatus sebagai Putri Kerajaan, pemilik nama lahir Elizabeth Alexandra Mary sering menyaksikan Chelsea bertanding.

Meski disebut-sebut sering menyaksikan Chelsea bertanding semasa kecil, sosok klub favorit Ratu Elizabeth II masih menjadi tanda tanya sampai hari ini. Sebab, Sang Ratu tidak pernah secara terbuka mengungkapkan klub sepak bola favoritnya.

Pada tahun 2009, The Mirror menyebut Ratu Elizabeth II merupakan penggemar West Ham United. Namun, laporan lain mengklaim telah berhasil mewawancarai anggota kerajaan Inggris dan mengetahui bahwa klub kesukaan Sang Ratu adalah Millwall F.C. Yang pasti, sosok klub favorit Ratu Elizabeth II sampai hari ini masih tidak terkonfirmasi.

Ratu Elizabeth II juga tercatat sebagai Penguasa Britania Raya pertama yang mengundang klub sepak bola ke Istana Buckingham. Menurut catatan, pada 2007, Ratu Elizabeth II mengundang Arsenal untuk jamuan makan bersama di kediaman Sang Ratu. Undangan tersebut sekaligus sebagai permohonan maaf Sang Ratu yang berhalangan hadir dalam pembukaan Emirates Stadium.

Di luar itu, selama 70 tahun naik takhta, ada banyak cerita menarik Ratu Elizabeth dan perkembangan sepak bola Inggris hingga Liga Inggris menjadi salah satu liga paling kompetitif di dunia. Tak heran, sejumlah klub ikut berduka melepas kepergian Sang Ratu.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1931 seconds (11.97#12.26)