Kolaborasi Jadi Kunci, Kemenpora Ajak Semua Pihak Sukseskan DBON

Minggu, 11 September 2022 - 03:47 WIB
loading...
Kolaborasi Jadi Kunci, Kemenpora Ajak Semua Pihak Sukseskan DBON
Suasana peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022. Foto: IST
A A A
BALIKPAPAN - Pemerintah lewat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Pemerintah Daerah serta pemangku kepentingan mengaktivasi kolaborasi bersama-sama mencetak juara di dunia olahraga. Kolaborasi tersebut digaungkan dalam peringatan Hari Olahraga Nasional ( Haornas ) yang dilaksanakan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/9/2022).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam sambutan di Haronas ke 39 ini menyatakan bahwa kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, daerah dan pemangku kepentingan dalam mencetak juara di bidang olahraga akan melalui jalan yang panjang.

“Kolaborasi dan komitmen yang kuat antar stakeholder olahraga dalam mencetak juara akan memerlukan proses yang panjang. Proses panjang itu diawali oleh pembudayaan olahraga, pembinaan usia dini, kompetisi berjenjang dan sistematis sampai penerapan sports-science,” kata Menpora Amali.

Baca Juga: Peringati Haornas 2022, Merlynn Park Hotel Berikan Penghargaan untuk Atlet Senior Indonesia

Menpora juga mengatakan bahwa lahirnya UU 11/2022 tentang Keolahragaan serta Perpres 86/2021 tentang Design Olahraga Nasional (DBON) diharapkan Pemerintah akan mengakselerasi prestasi olahraga dalam arti yang meluas.

“Undang Undang Keolahragaan dan Perpres DBON akan berkontribusi besar dalam membentuk Indonesia yang bugar, berkarakter tangguh dan berprestasi dunia. Bahkan majunya olahraga akan banyak berperan dalam memberdayakan perekonomian bangsa,” tambahnya.

Tajuk “Bersama Cetak Juara” di peringatan Haornas ke-39 tahun ini menjadi makin relevan pada momentum pemulihan semua sektor kehidupan paska pandemi hebat Covid-19 saat ini. Salah satunya dari Aice Group yang menyatakan bahwa kemajuan prestasi olahraga di era modern tidak bisa dilepaskan dari aspek pembudayaan dan kualitas kolaborasi multi pemangku kepentingan sebuah negara.

Brand Manager sekaligus Juru Bicara Aice Group Sylvana Zhong menjelaskan bahwa momen bangkit dari pandemi memberi banyak pelajaran bagi semua anak bangsa. Menurutnya, Indonesia akan mampu cepat bangkit dengan kerja sama efektif dari banyak pihak.

“Seperti juga usaha bersama kita bangkit dari pandemi, membangun prestasi olahraga pun membutuhkan dukungan gerakan pentahelix yang efektif. Gerakan pembudayaan yang massif dilakukan oleh pemerintah bersama swasta, ilmuwan, media massa hingga komunitas menyumbang keberhasilan prestasi olahraga kita bersama. Hal ini yang coba kami wujudkan dalam perhelatan Haornas tahun ini," jelas Sylvana.

Perhelatan Haornas tahun ini dinilainya menjadi suara yang serius dalam mengupayakan kemajuan olahraga nasional. Tidak main-main, ada sekitar 20 ribu perwakilan pemangku kepentingan olahraga se-Indonesia yang hadir dan menyampaikan aspirasi memajukan olahraga nasional.

Aice Group juga menekankan adanya kebutuhan pengelolaan dan konsolidasi lintas pemangku kepentingan dalam mencapai target jangka pendek hingga panjang. Kemenpora dinilai ideal untuk mengkonsolidasi kolaborasi multi-helix tersebut bersama dengan berbagai elemen Kementerian, Lembaga dan pemangku kepentingan lainnya.

“Sebenarnya swasta sudah banyak terlibat dalam banyak hajatan olahraga penting sudahlah ada selama ini. Aice sendiri sudah aktif terlibat dalam momen penting olahraga nasional Asian Games, Piala Presiden Bola Basket, Festival Olahraga Anak Usia Dini hingga Piala Dunia misalnya. Yang dibutuhkan sekarang adalah akselerasi dan sinergi multi-helix. Kami mendukung Kemenpora untuk memimpin orkestrasinya hingga sukses,” tambah Sylvana.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta menyampaikan apresiasinya atas partisipasi Aice dalam dunia olahraga dan ikut dalam gerakan bersama memperkuat upaya Indonesia untuk untuk mencetak juara di kancah regional dan global.

Menegaskan pernyataan Menpora, Raden Isnanta menjelaskan bahwa upaya mencetak juara memang harus berawal dari upaya pembibitan dan pembudayaan prestasi olahraga di seluruh elemen masyarakat. Dan DBON menjadi payung konsolidasi semua pemangku kepentingan dalam upaya tersebut.

“Dengan adanya DBON yang lahir belum lama ini, kita jadi punya strategi implementasi yang jelas dalam mencetak juara. DBON mengamanatkan adanya kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, daerah, swasta dan stakeholder olahraga lainnya. Kemenpora meyakini bahwa prestasi olahraga hingga tingkat dunia hanya bisa dicapai lewat sinergi ini,” jelas Raden Isnanta.

(sto)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2492 seconds (11.252#12.26)