Jilat Ludah, PSSI Kini Akui JIS Berstandar FIFA

Selasa, 13 September 2022 - 23:35 WIB
loading...
Jilat Ludah, PSSI Kini Akui JIS Berstandar FIFA
Foto udara suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
A A A
JAKARTA - PSSI mengubah cara pandangan soal Jakarta International Stadium (JIS) dengan menyebut JIS sudah standar FIFA. Namun, PSSI menegaskan stadion kebanggan baru warga kota Jakarta itu masih perlu perbaikan.

Sebelumnya, PSSI menyebut JIS belum layak menggelar FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao pada 24 dan 27 September 2022. Berbagai pertimbangan teknis mendasari pernyataan PSSI soal stadion kebanggaan baru warga Jakarta tersebut.

Dalam pernyataan resminya, PSSI menyebut inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI menilai Stadion JIS memang belum memenuhi kelayakan 100% infrastruktur (area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara).



Di tengah pernyataan mengejutkan itu, PSSI mengalihkan lokasi pertandingan FIFA Matchday itu ke Stadion Pakansari, Bogor. Padahal, Pakansari baru saja banjir usai hujan lebat sehingga pernyataan dari otoritas sepak bola Tanah Air mendapat reaksi keras dari netizen.

Sekarang PSSI melunak. Sekjen PSSI Yunus Nusi mengakui stadion dan rumput JIS adalah kelas dunia. PSSI juga siap kolaborasi dengan JIS untuk laga Timnas Indonesia selanjutnya.

"Kalau soal stadion harus kita akui. Itu megah layaknya stadion di Eropa. Demikian juga rumput stadion. Semua berstandar FIFA. Namun, yang kita soroti itu sarana dan prasarana perimeter stadion yang belum selesai 100%. Jadi netizen, pelaku sepak bola, atau siapa pun yang senang dengan sepak bola jangan salah sangka atau menuduh PSSI yang bukan-bukan. Kritikan PSSI ini untuk kebaikan bersama,’’ ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi dikutip laman resmi PSSI, Selasa (13/9/2022).

"Ini hanya masalah waktu saja. Cepat atau lambat, JIS akan menjadi tempat bagi timnas berlaga. Apakah untuk senior, tim U-23, U-20, maupun U-16," tuturnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)