4 Petinju Wanita Tangguh yang Sudah Pensiun, Nomor 3 Terhebat Sepanjang Masa

Rabu, 14 September 2022 - 20:01 WIB
loading...
4 Petinju Wanita Tangguh yang Sudah Pensiun, Nomor 3 Terhebat Sepanjang Masa
Barbara Buttrick-Laila Ali-Christy Martin-Nicola Adams/Foto/Ist
A A A
LAS VEGAS - Dunia tinju identik dengan laki-laki. Aroma kekerasan memang menyeruak di arena adu jotos. Tapi, tak sedikit pula wanita yang gemar bertinju, bahkan berprestasi di atas ring.

Laila Ali menjadi salah satu petinju wanita yang memiliki catatan prestasi menakjubkan. Memulai karier pada usia 18 tahun. Anak legenda tinju dunia Muhammad Ali itu memegang gelar kelas menengah super wanita WBC, WIBA, IWBF, dan IBA.

Baca juga: Kallia Kourouni, Petinju Wanita yang Dijuluki Pink Tyson

Masih banyak petinju wanita yang lain, yang telah menunjukan kepada dunia apa artinya bertarung yang dapat dimenangkan dengan luar biasa.

Berikut 4 petinju wanita berprestasi yang sudah gantung sarung tinju

1. Barbara Buttrick

Kisah petinju wanita yang pertama datang dari seorang wanita yang juga sering dikenal sebagai “The Mighty Atom of the Ring”. Lahir pada tahun 1929 di Inggris, Barbara mulai menyukai dunia tinju saat dia melihat koran Polly Burns tentang petarung tinju wanita. Kemudian dia mulai berlatih tinju dengan seorang pelatih yang berasal dari London.

Barbara memulai kariernya pada tahun 1948 dan berkeliling Eropa sebagai petinju kelas bantam. Pada tahun 1957 Barbara mencetak sejarah dengan memenangkan pertandingan petinju dunia dengan melawan Phyllis Kugler di Texas.

Setelah menikah, Barbara pindah ke wilayah Miami dengan suaminya, saat itu juga dia kembali mengikuti sebuah pertandingan tinju wanita pertama di Florida pada tahun 1959 dan mengalahkan Gloria Adams. Memasuki tahun 1960, Barbara pensiun dalam dunia pertinjuan dikarenakan sedang hamil anaknya 4 bulan.

Lalu, di tahun 1990, Barbara diundang langsung dalam acara International Boxing and Wrestling Hall of Fame. 3 tahun kemudian di tahun 1993, Barbara membangun sebuah Federasi Tinju Internasional Wanita.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1422 seconds (10.55#12.26)