Perbandingan JIS dengan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

Rabu, 14 September 2022 - 18:30 WIB
loading...
Perbandingan JIS dengan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya
Perbandingan Jakarta International Stadium (JIS) dengan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan dibahas pada artikel ini / Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Perbandingan Jakarta International Stadium (JIS) dengan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan dibahas pada artikel ini. Pembahasan ini menyusul ramainya pemberitaan mengenai pencoretan JIS yang dilakukan oleh PSSI untuk pertandingan Timnas Indonesia bertajuk FIFA Matchday melawan Curacao.

Pernyataan ini sontak membuat para netizen geram karena sebelumnya sempat dikatakan bahwa JIS telah memenuhi syarat sebagai stadion Indonesia pertama yang memenuhi standar FIFA. Lantas bagaimana dengan Gelora Bung Tomo yang berada di Surabaya?

Gelora Bung Tomo sendiri merupakan salah satu stadion serbaguna di Jawa Timur yang megah dan memiliki kapasitas 55.000 penonton. Sementara JIS lebih unggul bila dilihat dari kapasitasnya karena stadion ini dapat menampung sekitar 82.000 penonton.

BACA JUGA: Plintat-plintut PSSI Soal Status Kelayakan Stadion JIS

Meskipun begitu, Stadion GBT telah memiliki rumput berstandar FIFA. Namun JIS jauh melampauinya karena dikatakan memiliki rumput jenis hybrid.

Rumput ini merupakan perpaduan antara 5 persen sintetis berjenis Limonta dari Italia dan 95 persen rumput alami jenis Zoysia Matrella dari Boyolali. Diketahui bahwa rumput jenis Limonta juga digunakan di beberapa stadion Eropa seperti Amsterdam Arena dan Santiago Bernabeu.

JIS juga merupakan stadion Indonesia pertama yang memiliki atap buka tutup otomatis. Hal ini membuat kondisi stadion tetap terjaga tanpa terpengaruh perubahan cuaca. Tempat parkir yang sebelumnya sempat dipermasalahkan PSSI ini mungkin memang menjadi masalah JIS di mana kapasitas penontonnya yang dapat menampung 82 ribu orang hanya menyediakan tempat untuk 5.000 kendaraan saja.

BACA JUGA: Enggak Level JIS Dibandingkan Stadion Pakansari

Luas dari tempat parkir JIS sendiri sudah termasuk sangat luas dengan ukuran 220.000 meter persegi. Sementara stadion GBT hanya memiliki luas sekitar 36.000 meter persegi. Sehingga secara fasilitas sudah pasti JIS berada di atas Gelora Bung Tomo. Baik di dalam maupun di luar stadion.

(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1559 seconds (11.252#12.26)