Sprint Race Mulai Dipakai Saat MotoGP 2023, Seperti Apa Gambarannya?

Minggu, 18 September 2022 - 11:01 WIB
loading...
Sprint Race Mulai Dipakai Saat MotoGP 2023, Seperti Apa Gambarannya?
Sprint Race Mulai Dipakai Saat MotoGP 2023. Foto: Reuters
A A A
MADRID - Penyelenggara MotoGP resmi mengumumkan format sprint race untuk musim 2023. Terbaru MotoGP memberikan penjelasan mengenai format sprint race untuk musim depan.

Sebelumnya pada Sabtu 20 Agustus 2022, MotoGP mengumumkan penggunaan sprint race pada musim depan. Melalui konferensi pers yang digelar menjelang balapan MotoGP Austria 2022 dengan dihadiri oleh Jorge Viegas (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Carmelo Ezpeleta (Dorna Sports).

Baca Juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon 2022: Francesco Bagnaia Rebut Pole Position

Meski sprint race MotoGP 2023 mendapatkan banyak kritikan dari pembalap, tetapi pihak penyelenggara tidak menanggapi hal tersebut. Terbaru mereka memberikan penjelasan format untuk musim depan.

Melansir dari Twitter resmi MotoGP, Sabtu (17/9/2022), sprint race akan berlangsung pada hari Sabtu dan tidak akan berpengaruh pada posisi grid untuk balapan di hari Minggu. Artinya kualifikasi akan digunakan untuk start sprint race dan balapan akhir pekan juga.

Soal jarak balapan, sprint race akan lebih pendek dibandingkan balapan normal. Nantinya para pembalap hanya melangsungkan balapan dengan jarak 50 persen dari jarak di MotoGP.

Sementara untuk perolehan poin, pemenangan di sprint race akan mendapatkan 12 poin. Sedangkan posisi kedua mendapatkan sembilan poin dan posisi ketiga meraih tujuh poin.

Selain itu, dengan adanya sprint race perubahan jadwal maka akan terjadi. Sesi latihan bebas (FP) hanya akan terjadi tiga kali saja. FP1 dan 2 akan tetap berlangsung pada Jumat. Dua sesi latihan bebas ini akan menentukan posisi dua kualifikasi.

Lalu, FP3 akan berlangsung pada Sabtu dan diadakan sebelum kualifikasi. Jika pada saat ini, FP3 seperti halnya FP4. Sesi ini akan berlangsung Sabtu pagi, sedangkan Sprint Race pada sore hari.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1548 seconds (10.55#12.26)