Mikel Arteta Ungkap Alasan Mainkan Bocah 15 Tahun Lawan Brentford

Senin, 19 September 2022 - 10:39 WIB
loading...
Mikel Arteta Ungkap Alasan Mainkan Bocah 15 Tahun Lawan Brentford
Ethan Nwaneri (kanan) mencatat sejarah baru sebagai pemain termuda di Liga Primer Inggris.
A A A
LONDON - Ethan Nwaneri mencatat sejarah baru sebagai pemain termuda di Liga Primer Inggris . Wonderkid berusia 15 tahun itu tampil membela Arsenal melawan Brentford di Brentford Community Stadium, Minggu (18/9/2022) malam WIB.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta, membeberkan alasannya memainkan gelandang kelahiran 21 Maret 2007 itu pada lanjutan Liga Inggris 2022/2023. Juru taktik asal Spanyol itu mengaku kagum saat pertama kali melihat performa Nwaneri.

Baca juga: Arsenal Turunkan Pemain Termuda dalam Sejarah Liga Inggris, Masih Usia 15 Tahun

Arsenal berhasil mencuri poin penuh saat bertandang ke markas Brentford Meski bermain tandang, tim berjuluk The Gunners itu tampil sangat dominan.

The Gunners sukses menang 3-0 atas Brentford di laga tersebut. Tiga gol kemenangan Arsenal itu dicetak William Saliba (17’), Gabriel Jesus (28’), dan Fabio Vieira (49’). Namun, dibalik kemenangan itu terdapat momen yang menjadi sorotan.

Baca juga: Ini 14 Tim Lolos Piala Asia U-20 2023 Termasuk Indonesia U-19, Vietnam Runner-up Terbaik

Pasalnya, Arteta menurunkan Nwaneri, pemain yang masih berusia 15 tahun. Pemain berpaspor Inggris itu masuk menggantikan menggantikan Fabio Vieira pada menit ke-91. Tentu saja membuat banyak pihak bertanya apa yang membuat sang pelatih berani memainkan Nwaneri.

Juru taktik asal Spanyol itu pun mengatakan kalau alasannya adalah karena sangat terkesima dengan permainan Nwaneri saat pandangan pertama. Terlebih, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu juga dinilai bagus oleh tim akademi Arsenal.

“Ini adalah perasan murni saya. Saya bertemu anak itu, saya sangat menyukai apa yang saya lihat. Staf akademi memberi saya informasi yang bagus tentangnya. Saya beberapa kali bertemu dengannya, dia juga berlatih beberapa kali bersama kami,” kata Arteta, dikutip dari Football London, Senin (19/9/2022).

Lebih lanjut, ada juga alasan Nwaneri dimasukan ke dalam skuad senior Arsenal. Pasalnya, Martin Odegaard saat ini tengah alami cedera. Maka dari itulah, Arteta berpendapat kalau wonderkidnya itu bisa menjadi pengganti sementara Odegaard.

“Kemarin dia harus datang karena [pemain] kami mengalami cedera, terutama pada Martin, dan kemudian saya punya perasaan dari kemarin bahwa jika ada kesempatan, saya akan melakukannya, dan saya baru saja melakukannya,” pungkasnya.

Meski hanya main sebentar melawan Brentford, Nwaneri berhasil mencetak rekor baru. Dia menjadi pemain termuda yang tampil dalam sejarah Liga Inggris dalam usia 15 tahun dan 181 hari. Nwaneri mematahkan rekor yang dimiliki Harvey Elliott, pemain Liverpool.

Saat itu, Elliott menjadi debutan termuda kala ambil bagian di laga Liverpool vs Fulham. Pemain asal Inggris itu melakukan debutnya saat usianya baru menginjak 16 tahun dan 38 hari.
(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1549 seconds (10.101#12.26)