Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong dan Luis Milla di Timnas Indonesia

Selasa, 20 September 2022 - 08:01 WIB
loading...
Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong dan Luis Milla di Timnas Indonesia
Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong dan Luis Milla di Timnas Indonesia. Foto: iNews
A A A
JAKARTA - Shin Tae-yong sampai saat ini memang menjadi salah satu juru taktik Timnas Indonesia yang telah meraih cukup banyak prestasi selama masa kepelatihannya.

Jauh sebelum Shin Tae-yong, Luis Milla sempat menjadi pelatih Timnas Indonesia pada tahun 2017 lalu. Bila dilihat dari raihan prestasinya siapakah dari kedua pelatih ini yang punya capaian yang lebih mentereng dalam membawa Timnas Indonesia? Berikut ini ulasannya.

Baca Juga: Persiapan Timnas Indonesia Hadapi Laga Persahabatan Melawan Curacao

Semenjak melatih Tim Garuda pada tahun 2019 lalu, Shin Tae-yong langsung berhasil membawa Timnas ke babak final Piala AFF 2020.

Ini merupakan sebuah capaian yang meningkat ketimbang pada tahun 2018 yang harus tersingkir di babak penyisihan ketika masih dilatih Luis Milla.

Sayangnya pada kompetisi ini Timnas Indonesia gagal membawa pulang gelar juara dan hanya meraih posisi runner up karena harus kalah dari Thailand.

Kemudian pada SEA Games 2021, Shin Tae-yong berhasil mempersembahkan perunggu untuk Tim Merah Putih. Kala itu Timnas berhasil mengalahkan musuh bebuyutannya Malaysia dalam drama adu penalti dengan skor 5-4 demi meraih posisi ketiga.

Capaian ini juga termasuk sama yang pernah ditorehkan Luis Milla pada tahun 2017 lalu juga sempat mengantarkan Indonesia finis di posisi ketiga dengan mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1.

Prestasi membanggakan Shin Tae-yong berikutnya datang dari berhasilnya Indonesia untuk lolos Piala Asia 2023. Tim Garuda berhasil masuk menjadi lima runner-up terbaik yang memastikan lolos ke Piala Asia 2023.

Torehan inilah yang gagal diperoleh Luis Milla kala itu. Dalam Piala AFC U 23 Pelatih berdarah Spanyol ini hanya dapat membawa Indonesia meraih posisi ke tiga dan gagal lolos.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3399 seconds (11.210#12.26)